Wisata Laut untuk Diving Snorkeling di Indonesia

Indonesia mempunyai potensi wisata keindahan alam bawah laut untuk diving snorkeling di Indonesia. Sebagai negara kepulauan yang mempunyai banyak perairan, laut Indonesia memiliki keindahanya seperti surga dunia bagi para pecinta olahraga selam diving dan snorkeling. Perairan Indonesia yang indah dan eksotik menjadi tempat yang sungguh menawan untuk melakukan refresing menyelam. Pantai dan laut bening yang biru sangat cocok untuk berlibur atau traveling di musim panas.

diving snorkeling

Diving biasanya dilakukan di laut dalam dengan membawa tabung gas untuk melihat organisme bawah laut, lokasi diving terkenal adalah Bunaken di Manado. Sedangkan senorkeling dilakukan di laut dangkal pinggir pantai dengan cukup menggunakan kaca mata dan masker selam. Berikut ini pilihan laut untuk diving snorkeling yang bisa anda rencanakan untuk berwisata kesana.

1. Kepulauan Wakatobi
Pulau-pulau utama Wangi, Kaledupa, Tomea, Binongki (Wakatobi) menyajikan sebagian besar dari semua jenis karang dunia. Sebagai taman nasional menjadikannya tempat terumbu karang yang terlindungi. Masyarakat nelayan lokal juga mendapat hasil dari pariwisata menyelam. Sebagai pertukaran untuk meninggalkan pemancingan ilegal yg merusak laut. kontribusi lain untuk memperkuat keberadaan taman laut.

2. Raja Ampat
Terletak di ujung barat laut Semenanjung Kepala Burung di pulau Raja Ampat, atau Empat Raja. Menurut Buletin Conservation International Rapid Assessment, keragaman hayati laut untuk menyelam di Irian Jaya jauh lebih banyak dari semua daerah lain di dalam segitiga terumbu karang Indonesia, Filipina, dan Papua Nugini. Lebih dari 1200 spesies ikan, 600 jenis karang, 699 spesies moluska. Gampangnya, jika anda tidak menikmati menyelam di sini, lebih baik jual saja peralatan menyelam anda.

3. Bunaken
Pulau Bunaken, Manado wajib dikenali oleh masyarakat Indonesia sebagai tempat wisata bawah laut. Menyelam di antara Keanekaragaman hayati tertinggi di dunia, dengan berbagai jenis ikan dan terumbu karang kelas dunia. Saat menyelam di sini, anda dapat melihat 7 kali lebih banyak terumbu karang daripada di Hawaii, 33 spesies butterflyfish dan lebih dari 70% spesies ikan yang berada di Indo-Pasifik Barat.

4. Bangka Belitung
Terdapat lebih dari 25 titik penyelaman di air laut bening dengan lereng yang dipenuhi terumbu karang, deretan batu karang yang membentuk formasi yang luar biasa mengagumkan adalah kata-kata yang sering terdengar di kapal setelah penyelaman.

5. Karimunjawa
Laut diving di Karimunjawa juga mempunyai keindahan laut untuk diving snorkeling mungkin tidak kalah seterkenal di Bunaken dan Wakatobi. Tapi khususnya bagi yang ingin melakukan diving di sekitar Jawa tidak perlu jauh-jauh ke Sulawesi atau Manado. Karimunjawa mempunyai air laut yang bening dan memiliki sekitar 300 spesies ikan, 70 jenis karang dan 3 spesies kura-kura yang bisa dilihat saat melakukan diving. Karimunjawa menawarkan keindahan pantai di sepanjang 27 gugusan pulau.

Begitu indah kepulaun dan perairran sebagaii alam laut untuk diving dan snorkling yang pantas kita syukuri. Anda tidak perlu ke luar negri, sehingga bisa menghemat banyak biaya. Bahkan justru banyak turis asing yang mendataingi tempat-tempat wisata menyelam di Indonesia. Di kepulaun Seribu anda sudah bisa mencoba wisata snorkeling di pulau Jawa, Jakarta.

Baca juga artilkel manarik mancinginfo.com : Wisata alam eksotik di Papua