5 Tempat Wisata Kuliner Sumatra Barat

Wisata kuliner Sumatra Barat – Sumatra Barat merupakan gudangnya makanan Indonesia yang sangat lezat sampai terkenal di dunia. Kita pasti sudah tahu rendang bukan? Makanan tersebut pernah menduduki sebagai makanan terlezat di dunia versi CNN. Makanan Sumatra Barat atau sering dikenal dengan makanan Padang memang dikenal dengan sajian gulai dan bumbu baladonnya yang terkenal “padeh” atau pedas. Apabila Anda berwisata ke Sumatra Barat, jangan lupa untuk datang ke tempat-tempat di bawah ini. Yuk, kita ulas 5 tempat wisata kuliner Sumatra Barat yang wajib Anda jadikan tempat jujugan.

Wisata Kuliner Sumatra Barat Yang Harus Anda Kunjungi

Wisata Kuliner Sumatra Barat

Wisata Kuliner Sumatra Barat

  1. Sate Padang Danguang-Danguang
Sate Padang Danguang-Danguang

Sate Padang Danguang-Danguang

Jika Anda mengunjungi kota Padang, jangan lupan mampir ke simpang Kinol Padang. Di sana terdapat gagrak sate Padang yang berasal dari Payakumbuh yang menjajakan sate danguang-danguang. Sate yang disajikan merupakan sate daging sapi beserta jerohannya yang disiram dengan kuah kuning nan lezat dan biasanya dimakan dengan ketupat. Sebelum ditusuk dan dibakar di atas bara tempurung, daging dan jerohan tersebut direbus dengan bumbu-bumbu khas Payakumbuh. Satu porsi sate dihargai Rp.19.000.

  1. Es Durian Ganti Nan Lamo
Es Durian Ganti Nan Lamo

Es Durian Ganti Nan Lamo

Bagi Anda pecinta durian, Anda bisa mencoba varian olahan durian yakni es durian. Untuk memuaskan dahaga Anda, Anda bisa mengunjungi kedai es durian pertama di Padang yang berdiri sejak tahun 1960 tersebut. Es durian di kedai tersebut disajikan dengan berbagai macam jenis seperti durian float yang isinya berupa es krim, es durian, kacang merah dan cincau.Lalu ada juga yang rasa original dengan nama durian tok (es durian dan buah durian). Masing-masing es durian dibanderol dengan harga Rp.23.000 (durian float) dan Rp.18.000 (durian thok).

  1. RM Lamun Ombak
RM Lamun Ombak

RM Lamun Ombak

Salah satu tempat kuliner legendaris dari 5 spot wisata boga di Sumbar adalah RM Lamun Ombak. Restoran Padang yang pernah dikunjungi oleh bapak mantan presiden SBY ini memiliki berbagai sajian makanan khas Padang yang sangat menggugah selera seperti rendang yang dibanderol dengan harga Rp.12.000 per potong , gulai dengan harga Rp.13.000 dan juga makanan unik berupa usus sapi yang berisi telur atau tahu yang dihargai Rp.12.000  per potong. Rendang di RM tersebut sangat otentik dan tentunya berbeda dengan rendang-rendang lainnya.

  1. Martabak Kubang Hayuda (Padang)
Martabak Kubang Hayuda

Martabak Kubang Hayuda

Salah satu tempat kuliner yang wajib Anda kunjungi dari 5 spot wisata boga di Sumbar adalah martabak kubang Hayuda yang berada di jalan M.Yamin-kawasan pasar raya Padang. Sekilas martabak ini nampak biasa saja. Akan tetapi, martabak ini sebenarnya sangat spesial karena di dalam martabak terdapat cincangan daging sapi serta didampingi kuah cuka yang terbuat dari irisan tomat, irisan cabe dan bawang bombay. Satu porsi martabak dihargai Rp.18.000, harga yang cukup terjangkau mengingat martabak tersebut juga termasuk makanan legendaris di sana.

  1. Restoran Soto Garuda
Restoran Soto Garuda

Restoran Soto Garuda

Anda yang suka dengan soto, Anda bisa mengunjungi salah satu restoran di Padang yakni restoran soto garuda. Soto garuda merupakan jenis soto Padang dengan potongan daging sapi beserta potongan paru goreng yang dilengkapi dengan bihun dan kentang. Restoran soto Garuda merupakan tempat kuliner yang wajib Anda kunjungi karena soto tersebut sangatlah fenomenal. Harga soto untuk satu porsinya adalah Rp.23.000. Demikian ulasan singkat mengenai 5 tempat wisata kuliner Sumatra Barat yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat. Kunjungi juga tempat wisata kuliner daerah lainnya seperti wisata kuliner jogja atau wisata kuliner medan.