Universitas Swasta Terbaik di Bandung

Universitas swasta terbaik di Bandung bisa menjadi pilihan kamu jika belum beruntung masuk ke universitas Negeri. Sekarang Universitas swasta sudah semakin bagus baik dari segi akademik maupun non akademik. Bahkan contohnya banyak universitas di Jakarta justru yang bagus di dominasi swasta dan menjadi PTS terfavorit.

Bagi kamu yang ada di Bandung bisa memilih beberapa perguruan tinggi yang menurut kamu cocok di Jurusannya. Selain itu faktor biaya kuliah di universitas swasta sangat menjadi pertimbangan. karena setiap univ akan berbeda dan yang mempunyai nama bagus cenderung lebih mahal. Biaya kuliah sudah menjadi hal umum yang membedakan antara negeri dan swasta.

universitas swasta terbaik di Bandung
Telkom University
Universitas Telkom dinaungi oleh yayasan Pendidikan Telkom. Konsep kampus Telkom sendiri hampir sama dengan ITB, dengan beragam fakultas seperti Teknologi, Manajemen dan Seni. Fokus utama Perguruan tinggi ini yaitu telekomunkasi, karena langsung dinaungi oleh PT. Tekom Indonesia. dan lulusannya pun banyak yang bekerja di perusahaan provider di indonesia.

Sebelumnya Telkom University sering dikenal dengan STT Telkom, hingga tahun 2013 STT Telkom yang berganti nama menjadi Institut Teknologi Telkom digabung dengan STISI Telkom, IM Telkom dan resmi menjadi Telkom University.


Universitas Kristen Maranatha
Universitas Kristen Maranatha termasuk kategori universitas swasta terbaik di Bandung, terkenal biayanya cukup mahal. Hal tersebut karena sebanding dengan fasilitas dan sistem pendidikan yang diberikannya. Fakultas paling favorit dan populer di Maranatha adalah Psikologi.


Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM)
Unikom merupakan Universitas swasta ini terbilang baru, namun UNIKOM yang populer dengan jurusan Komputer dan Teknik yang mampu unjuk gigi di kancah nasional maupun internasional.

Fasilitas yang ada di UNIKOM cukup lengkap, hampir semua hal ataupun kegiatan yang ada selalu disampaikan melalui jalur online. Mahasiswa juga bisa mengecek daftar nilai ujiannya melalui sebuah situs khusus. Selain itu tersedia juga laboratorium sesuai dengan bidang studi masing-masing, dan sesuai dengan namanya sebagai PTS komputer pertama di Indonesia, maka mata kuliah software dan hardware dijadikan sebagai mata kuliah wajib selama para mahasiswa menuntut ilmu di UNIKOM.


Universitas Widyatama

Pada tahun 2014 sebelumnya tidak termasuk 10 besar universitas terpopuler di bandung. Pada Tahun 2015 ternyata Widyatama mampu menggeser posisi Universitas Katolik Parahyangan di posisi 11 berdasarkan data dari 4icu.org. Fakultas Bisnis dan Manajemen serta Fakultas Ekonomi menjadi salah satu paling difavoritkan di Universitas Widyatama.


Institut Teknologi Nasional

Sering disingkat Itenas adalah nama sebuah perguruan tinggi swasta terbaik di Kota Bandung. Itenas diresmikan pada tahun 1972 dengan R. Mansoer Wiratmadja sebagai rektor pertamanya. Itenas memiliki tiga fakultas, yaitu Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, dan Fakultas Seni Rupa dan Desain.


Universitas Pasundan (Unpas)

Berdiri tanggal 14 November 1960, keberadaan dan pengembangannya tidak lepas dari tujuan dan cita-cita Paguyuban Pasundan, sebagai organisasi induk yang lahir tahun 1913, sehingga esensi dan eksistensinya tidak terlepas dari garapan pengabdian Paguyuban Pasundan, terutama dalam turut mencerdaskan kehidupan dan kesejahteraan bangsa Indonesia.

Unpas telah tumbuh dan berkembang menjadi sebuah universitas terkemuka dan kebanggaan masyarakat, terbukti dari jumlah mahasiswa yang saat ini terbesar di lingkungan Kopertis Wilayah IV Jabar dan Banten.


Universitas Katholik Prahyangan
Universitas Katolik Parahyangan atau dikenal dengan UNPAR adalah salah satu perguruan tinggi swasta tertua dan paling prestisius di Indonesia yang terletak di kota Bandung. Kampus utamanya terletak di Jalan Ciumbuleuit, dan kampus lainnya terletak di Jalan Merdeka dan Jalan Nias.

Namun saat ini, UNPAR berdasarkan penilaian dari 4icu.org menempati posisi ke 68 dari urutan universitas terbaik di Indonesia setelah UNPAS. Serta berada diurutan ke-65 berdasarkan webometrics.

Daftar urutan Universitas diatas tidak berdasarkan urutan, tapi merupakan daftar yang dipilih dari berbagai sumber yang mempunyai standar universitas swasta terbaik di Bandung.