Tips Jitu Memilih Jenis Umpan untuk Mancing Berbagai Macam Ikan

Mengetahui macam dan jenis umpan untuk mancing sangat penting jika kita ingin memangcing berbagai jenis ikan tertentu. Tempat mancing juga menjadi pertimbangan untuk memilih umpan, misalnya di sungai, laut atau kolam pemancingan. Jenis umpan ada 3 yaitu umpan alami, buatan dan imitasi

umpan untuk mancing

1. Umpan Alami

Umpan alami misalnya jenis cacing, jangkrik, kroto, udang, sotong, kerang dsb

Jenis umpan alami cocok untuk mancing di air tawar seperti sungai dan danau, selain itu juga bagus di tempat pemancingan di kolam. Mancing kolam pemancingan cukup sulit karena biasanya ikan nya kenyang dan bekas dipancing sehingga sulit untuk menyambar umpan.

Cacing dan kroto cukup mudah untuk digunakan umpan, selain mudah didapatkan juga disukai ikan, terutama jenis ikan lele.


2. Umpan Buatan

Ini adalah jenis umpan yang dibuat atau diracik sendiri oleh si pemancing. Bahan-bahan bervariasi bisa dijadikan percobaan dikala mau memancing di tempat tertentu.

Campuran mentega, telur bebek dan ubi kukus salah satu contoh umpan yang mempunyai bau sedap menarik ikan. Buatan ini bisa dipakai di kolam-kolam pemancingan.

Cacing bakar, biasanya orang awam hanya membawa cacing hidup-hidup saat pergi mancing, tapi cacing bakar lebih baik untuk menraik ikan nila dan mujaer.

Campuran pelet dan pandan. Pelet pada dasarnya adalah makanan utama ikan, tetapi sangat sulit digunakan untuk umpan di tempat-tempat mancing galatama. Campuran pelet dan pandan yang sudah dihaluskan bisa menjadi alternatif aroma umpan yang berbeda untuk ikan

Inilah Tips Umpan Galatama Ikan Lele


3. Umpan sintetis

Ini adalah jenis umpan yang dibuat oleh pabrik untuk memancing perairan laut dangkal/permukaan. Umpan nya menyesuaikan makanan ikan misalnya bentuk udang, cumi, sotong atau ikan kecil permukaan.

Dari pabrik diberi kelebihan umpan mampu mengeluarkan suara seperti supaya ikan besar datang dan menyambar.


4. Ikan daging segar

Para pemancing mania di laut lepas dengan target ikan ukuran besar harus memakai umpan jenis alami, seperti tongkol, cumi, bandeng dan belut. Karena di laut ikan predator akan memangsa umpan tersebut yang dianggap makanan mereka.

Dalam hal memancing, jenis umpan untuk mancing adalah hal yang penting supaya dapat memperoleh ikan, tapi juga ada faktor keahlian, penempatan, cara penggerakan umpan pancing dan cuaca yang mendukung.