5 Tempat Wisata Kuliner Jogja Terpopuler

Tempat wisata kuliner Jogja – Kota Jogjakarta tidak hanya terkenal sebagai kota pelajarnya atau kota dengan pusat kebudayaan Jawa tetapi juga terkenal dengan sajian kuliner Jawanya yang begitu lezat nan nikmat. Mungkin ketika mendengar kata Jogja, makanan yang Anda sebut pasti gudeg bukan? Akan tetapi, kuliner di Jogja tidak hanya tentang gudeg nangka saja tetapi sangatlah bervariasi seperti sate klathak, oseng mercon, brongkos, dan masih banyak lainnya. Berikut adalah 5 tempat wisata kuliner Jogja yang wajib Anda kunjungi ketika di Jogja.

Berikut 5 Tempat Wisata Kuliner Jogja Yang Harus Anda Kunjungi

Tempat Wisata Kuliner Jogja

  1. Gudeg Yu Djum

Gudeg Yu Djum

Apabila Anda ke Jogja, rasanya kurang tepat kalau belum mencoba makanan asli Jogja yakni gudeg. Untuk itu, cobalah mampir di gudeg yu Djum. Warung ini adalah salah satu dari 5 spot wisata boga Jogja yang wajib Anda datangi. Tempatnya sendiri tidak seperti warung melainkan sebuah rumah yang dijadikan untuk tempat berdagang gudeg. Walau tempatnya sederhana, akan tetapi cita rasa gudeg nangkanya sangatlah lezat dengan perpaduan rasa manis dan gurih ditambah krecek, telur, dan areh yang enak. Untuk nasi gudeg krecek ayam suir dihargai Rp.15.000 sedangtkan nasi gudeg krecek telur ayam suir dihargai Rp.20.000. Harganya sangat murah kan?

  1. Soto Sulung Stasiun Tugu

Soto Sulung Stasiun Tugu

Bagi Anda yang suka melakukan perjalanan dengan kereta api ke Jogja, jangan lupa sempatkan waktu Anda untuk mampir di warung soto sulung stasiun Tugu. Soto Madura tersebut sudah sangat melegenda sejak tahun 1968. Soto yang disajikan berupa daging sapi beserta jerohan dengan kuah pekat tanpa santan yang ditambah dengan potongan telur rebus. Soto ini memiliki ciri khas tersendiri dengan dagingnya yang sangat empuk dan bumbunya yang meresap. Untuk satu porsi soto sulung dibanderol dengan harga Rp.11.000.

  1. Angkringan Lik Man

Angkringan Lik Man

Anda serasa tidak berada di Jogja kalau belum mampir ke angkringan lik Man. Tempat kuliner tersebut merupakan angkringan pertama di Jogja yang berdiri sejak tahun 1969. Angkringan ikonik Jogja ini buka pada malam hari dengan sajian yang sangat berbeda dengan angkringan lainnya yakni kopi joss. Kopi tersebut memiliki rasa unik karena dicampur dengan arang hitam yang dihargai Rp.5.000 per gelas. Di angkringan ini juga tersedia menu-menu unik seperti nasi kucing dengan harga Rp.2.000, aneka gorengan(Rp.500-Rp.2000), dan sate telur puyuh dan usus.

  1. Sate Klathak Pak Pong

Sate Klathak Pak Pong

Salah satu tempat kuliner fenomenal lagi dari 5 spot wisata boga Jogja adalah sate klathak pak Pong. Warung sate tersebut menyajikan sate kambing dengan bumbu sederhana saja seperti garam dan merica. Namun, yang membuat sate tersebut istimewa adalah cara penusukan sate dengan menggunakan jeruji sepeda. Daging kambing yang ditusukpun berupa potongan-potongan daging kambing dengan ukuran yang besar. Untuk satu porsi sate klathak dihargai Rp.12.000. Harga yang sangat murah bukan?

  1. Nasi Goreng Beringharjo

Nasi Goreng Beringharjo

Bagi Anda penggemar nasi goreng, Anda bisa mendatangi warung nasi goreng Beringharjo. Warung nasi goreng tersebut menyajikan nasi goreng khas jawa yang memiliki cita rasa yang manis dan gurih dengan pelengkap seperti acar dan telur dadar. Nasi goreng tersebut merupakan warisan turun temurun sejak tahun 1960. Selain nasi goreng, Anda juga bisa memesan bihun goreng atau mie goreng. Satu porsi nasi goreng dihargai Rp.8.000. Anda juga bisa memesan 2 porsi sekaligus di warung yang terkenal ini. Demikian ulasan singkat mengenai 5 tempat wisata kuliner Jogja yang bisa Anda coba ketika berada di kota gudeg tersebut. Semoga bermanfaat. Jangan lupa baca juga wisata kuliner lainnya Tempat Wisata Kuliner Medan atau Daftar Seluruh Kota Di Indonesia.