5 Tempat Wisata Kuliner Aceh Yang Istimewa

Tempat Wisata Kuliner Aceh – Aceh merupakan sebuah magnet dari segi apapun baik dari bentangan alamnya yang indah seperti pulau We dan Rubiah, budaya uniknya bahkan kuliner khas dari daerah yang mempunyai hukum syariat Islam dalam menjalankan roda pemerintahannya. Selain itu, Aceh juga sangat terkenal dengan kelezatan kulinernya yang bisa kita temukan di seluruh pelosok Indonesia sepeti mie Aceh dan kue jala. Makanan Aceh memang memiliki banyak pengaruh dari India dan Arab. Supaya lebih jelasnya, mari kita bahas 5 tempat wisata kuliner Aceh yang wajib Anda kunjungi ketika berkunjung ke tempat tersebut.

Berikut 5 Tempat Wisata Kuliner Aceh

Tempat Wisata Kuliner Aceh

Tempat Wisata Kuliner Aceh

  1. Rumah Makan Hasan
Rumah Makan Hasan

Rumah Makan Hasan

Apabila Anda ke Aceh, rasanya kurang tepat kalau belum mencoba makanan asli Aceh tersebut yaitu kari kambing. Untuk mencoba kari kambing yang autentik dari Aceh, Anda bisa berkunjung ke rumah makan Hasan. Tempat wisata kuliner tersebut merupakan tempat untuk makan yang paling terkenal di Aceh. Rumah makan yang terletak di jl. Muhammad Hasan ini menyajikan berbagai makanan berbentuk kari dengan harga antara Rp.15.000 sampai Rp.25.000 yang pastinya akan membuat lidah Anda bergoyang.

  1. Kedai Mie Ayah
Kedai Mie Ayah

Kedai Mie Ayah

Anda penggemar mie? Anda bisa coba untuk mendatangi kedai mie yang satu ini ketika sedang berada di Aceh yakni kedai mie Ayah. Kedai ini berada di Lhoong Raya-Banda Aceh yang lokasinya bisa dijangkau dengan mudah. Ciri khas dari mie ayah adalah toppingnya yang berupa potongan kepiting yang gurih nan nikmat. Selain mie ayah, kedai tersebut juga menyediakan roti canai dan martabak yang sangat lezat. Untuk harga mie ayah sendiri dibanderol dengan harga Rp.10.000 per porsinya.

  1. Sate Matang Dek Wan
Sate Matang Dek Wan

Sate Matang Dek Wan

Lokasi selanjutanya untuk dijadikan tempat wisata kuliner di aceh yang di rekomendasikan untuk makan adalah warung satai matang dek Wan. Warung sate ini berada di jalan Teungku Imam Lungbata. Makanan andalan dari warung ini sesuai dengan namanya yakni satai. Yang membedakan tempat ini dengan tempat lainnya adalah sajian kuah kaldunya yang disantap bersama dengan sate dan nasi hangat. Harga satai tersebut dibanderol dengan harga Rp.25.000. Di tempat ini juga terdapatminuman khas yakni kopis susu khas Aceh.

  1. Warung Ayam Pramugari
Warung Ayam Pramugari

Warung Ayam Pramugari

Salah satu tempat kuliner dari 5 spot wisata boga Aceh selanjutnya adalah ayam pramugari. Kenapa warung makan disebut dengan warung pramugari? Karena memang kebanyakan para pengunjungnya adalah para pramugari yang sedang istirahat sejenak saat bertugas. Ayam yang disajikan warung tersebut memang benar-benar enak, gurih dengan bumbunya yang meresapa dan wajib dijadikan rekomendasi. Selain ayam. Terdapat pula sajian lain yakni gulai kambinng dan gulai ayam. Ayam pramugari sendiri dibanderol dengan harga Rp.15.000 per potongnya.

  1. Warung Mie Razali
Warung Ayam Pramugari

Warung Ayam Pramugari

Bagi Anda penggemar mie selain mie ayah, Anda juga bisa mencoba mie Razali. Mie yang disajikan tentunya adalah mie Aceh yang memiliki cita rasa yang khas. Warung mie Razali berada di Jl. T.P.Polem Peunayong-Banda Aceh yang mana banyak sekali warga yang berdatangan untuk mencoba mie lezat tersebut. Selain lezat, mie razali merupakan mie yang harganya terjangkau yakni hanya Rp.8.000.

Baca Juga : Tempat Wisata Kuliner Bandung Terpopuler

Demikian ulasan singkat mengenai 5 tempat wisata kuliner Aceh yang wajib Anda coba ketika berada di kota Banda Aceh tersebut. Semoga bermanfaat.