Tempat Wisata di Garut yang Bagus untuk Dikunjungi

Tempat wisata di Garut bisa menjadi pilihan anda yang dari Jawa Barat untuk berkunjung ke tempat wisata alam yang indah dan murah. Di Garut terkenal dengan wisata alam, curug, dan pantai nya yang indah.

Daya tarik tempat wisata Garut dikenal sejak lama dengan destinasi wisatanya yang populer, di antaranya Gunung Papandayan, Pemandian Air Panas Cipanas, hingga Situ Bagendit. Dari kota Bandung, Anda dapat tiba di Garut dengan jarak tempuh perjalanan sejauh 60 km.


Gunung Papandayan

tempat wisata di garut

sumber: pegipegi.com

Gunung Papandayan terletak di Desa Sirna Jaya dan Desa Keramat Wangi, Kecamatan Cisurupan, Garut, hanya berjarak sekitar 24 km dari pusat kota Garut. Di kawasan Taman Wisata Alam ini, terdapat juga sebuah cagar alam yang diperuntukkan bagi kepentingan penelitian flora dan fauna.

Gunung ini memiliki pesona pada panorama alamnya yang indah, kawah gunung, tempat berkemah yang menarik, serta berada dalam kawasan Taman Wisata Alam. Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan antara lain trekking, hiking, dan suasana rekreasi hutan. Hal ini akan sangat tepat bagi Anda yang menyukai wisata alam menembus hutan.


Situ Bagendit
wisata garut situbagenditSalah satu tempat wisata di Garut yang paling terkenal adalah sebuah danau yang berlokasi di Kecamatan Banyuresmi. Terkenal dengan lingkungannya yang kondisi baik dan kebersihannya yang terjaga.

Sebuah danau yang dikelilingi persawahan dan perkampungan penduduk dengan latar panorama alam pegunungan yang begitu menawan hati. Di tempat wisata Garut yang satu ini, Anda dapat menemukan banyak kegiatan, seperti menaiki rakit bambu, bersepeda air, canoe, dan memancing.


Kawah Putih Talaga Bodas

Di Kawah Putih Telaga Bodas ini Anda akan merasakan udara pegunungan yang begitu segar, menyaksikan perbukitan hijau yang indah bagi para pengunjung.

Selain menikmati panorama alam adalah berendam air panas, juga tersedia sejumlah bak rendam air panas yang dapat Anda nikmati. Air panas dengan kadar belerang yang tinggi akan berkhasiat mengobati sejumlah penyakit seperti rematik dan memperlancar peredaran darah. Kawah Putih Talaga Bodas adalah juga sebauh destinasi piknik yang menarik di Garut.


Pantai Ranca Buaya

Tempat wisata di Garut juga terkenal dengan pantainya, salah satunya adalah Pantai Rancabuaya. Ciri khas dari Pantai Rancabuaya adalah ombaknya yang lumayan besar karena berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, dan batu karangnya yang banyak dan juga besar.

Kedua hal tersebut menyebabkan beberapa ikan terperangkap di antara batu-batu karang, cukup unik dan menarik untuk dilihat. Keunikan lain dari Pantai Rancabuaya adalah adanya sebuah air terjun yang langsung menghadap ke lautan


Pantai Sanolo

Ini merupakan salah satu tempat wisata di Garut yang dari dulu sampai sekarang adalah pantai favorit yang pengunjungnya selalu ramai.

Pantai Santolo yang terletak 88 KM di selatan kota Garut merupakan tempat wisata di Garut yang banyak dikunjungi oleh warga Bandung. Daya tarik dan kelebihan yang dimiliki pantai ini yaitu panoramanya yang indah, keheningan yang ditawarkan, dan fasilitas penunjang wisata yang cukup lengkap.


Air Panas Cipanas

Cipanas adalah nama daerah di Garut yang terkenal dengan permandian air panas alaminya. Air Panas Cipanas ini merupakan tempat wisata di Garut yang populer terletak sekitar 6 KM dari kota Garut dan 50 KM dari kota Bandung.

Dalam perjalanan mencapai Air Panas Cipanas, Anda akan melewati pegunungan dengan hamparan sawah yang hijau. Banyak dikunjungi wisatawan baik yang menginap maupun yang hanya ingin beristirahat sejenak setiap harinya karena airnya mengandung berbagai jenis mineral yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, selain itu fasilitas di daerah ini juga sangat lengkap untuk kegiatan wisata.