Tempat – Tempat Wisata di Jogja Paling Terkenal

Tempat wisata di Jogja menjadi tujuan paling terkenal oleh wisawatan lokal dan mancanegara. Yogyakarta adalah salah satu kota wisata dan budaya di Indonesia yang populer di kancah internasional. Wisata asli Indonesia, dari segi kesenian, pakaian contohnya batik, kuliner Gudeg, soto dan sate, budaya Kraton Jogja semua itu selalu menjadi daya tarik utama para wisatawan lokal dan asing. Tempat-tempat wisata di Yogyakarta tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, terlebih bagi yang tinggal di Jawa, karena tempat wisata ini selalu dikunjungi para pelajar maupun keluarga sebagai wisata pendidikan. Yogyakarta merupakan daerah Istimewa yang menjadi tujuan para wisatawan, baik dalam negri maupun luar negeri.

Tempat wisata favorit untuk dikunjungi di Jogja

1. Malioboro

Malioboro Jogja Kawasan wisata belanja Malioboro merupakan pusat keramaian di tengah kota Yogya sepanjang dua kilometer, dengan jajaran toko, kedai suvenir kaki lima. Kawasan ini selalu padat oleh berbagai kendaraan, becak, dan sepeda. Malioboro justru akan semakin ramai menjelang malam hari, biasanya mulai sepi setalh pukul 23.00. Para wisatawan tidak akan kuatir untuk dapat menikmati pula hari-hari liburannya di kota Jogja hingga larut malam sekalipun.

Di ujung jalan kawasan Malioboro terdapat Pasar Beringharjo, tempat warga Yogya mencari kebutuhan pangan dan juga bahan batik dengan harga yang relatif murah sepanjang hari. Benteng Vredeburg juga menjadi salah stu tempat yang wajib disinggahi saat ke Malioboro, disana cocok untuk foto-foto moment liburan di Jogja.

2. Pantai Selatan (Parangtritis, Samas, Depok)

pantai Parangtritis

Kawasan Pantai Selatan Jogja paling populer dikunjungi wisatawan. Pantai menawarkan keindahan hamparan pasir luas dan pemnadangan ombak. Salah satu yang paling terkenal adalah Parangtritis, pantai yang memiliki berbagai peninggalan sejarah. Komplek Parangtritis terdiri dari Pantai Parangtritis, Parangkusumo dan dataran tinggi Gembirowati. Parangtritis selalu ramai, banyak jajanan dan kuliner di sekitar pantai, tentu saja ikan bakar menjadi menu spesial. Selain itu juga ada pantai Samas dan Depok sebelah barat jika dari Parangtritis, terkenal dengan ikan-ikan segar hasil tangkapan nelayan yang bisa dibeli segar atau matang oleh para wisatawan.

3. Kebun Binatang Gembira Loka

gembira loka

Gembira Loka adalah sebuah kebun binatang yang terletak di daerah aliran sungai Gajah Wong. Gembira loka kini memiliki koleksi binatang yang cukup lengkap. Setiap tahunnya ada tambahan penghuni. Sudah beberapa kali binatang gajah melahirkan anaknya, juga binatang langka Komodo telah menetaskan telurnya. Gembira Loka sangat populer dikunjungi wisatawan keluarga dan pelajar untuk mengenalkan dunia hewan pada anak-anak. 

4. Puncak Merapi & Kaliurang

Gunung Kaliurang Gunung Merapi, merupakn satu satunya gunung berapi di Daerah Istimewa Yogyakarta. Letaknya kurang lebih 30 kilometer, sebelah Utara kota Yogyakarta dan puncaknya berupa dataran pasir yang tidak rata, seluas lebih kurang 4 hektar, dengan beberapa lubang kepundan yang satu sua diantaranya selalu mengepulkan asap tebal, menandai gunung Merapi masih aktif bekerja. Sumber www.mancinginfo.com

5. Candi Borobudur

Borobudur Magelang

Candi Barobudur berada di Kabupaten Magelang Jawa Tengah, namun populer masuk kawasan tempat wisata di Jogja menjadi salah satu candi kuno yang terbaik yang dilestarikan dari seluruh dunia bahkan merupakan salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Monumen ini adalah kuil budha yang terbesar di seluruh dunia dan telah diklaim sebagai hasil budaya manusia yang paling sering dikunjungi lebih dari sejuta wisatawan baik domestik maupun luar negeri sampai saat ini. Gaya arsitek dari candi inipun tidak ada yang menyerupai di seluruh dunia.

6. Kraton Yogyakarta

kraton Jogja

Di dalam Keraton terdapat museum yang dipersembahkan kepada almarhum Sultan Hamengkubuwono IX, ayah dari Sultan Hamenggkubuwono X yang merupakan Sultan saat ini. Sultan Hamengkubuwono IX adalah seorang figur politisi yang terkenal dan merupakan pemimpin Indonesia. Dorongan dan kontribusinya kepada Republik Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan dihormati dan dikenal oleh sebagian besar rakyat Indonesia. Keraton adalah satu wisata di Jogja yang populer. Terdapat museum yang memamerkan salinan berharga dari Pusaka yang sakral, hadiah dari kerajaan asing, gamelan, kereta kerajaan dan beberapa foto keluarga kerajaan dan susunan keluarga

7. Candi Prambanan

candi prambanan Klaten Prambanan adalah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia, dan terletak di pulau Jawa, kurang lebih 20 km timur Yogyakarta, 40 km barat Surakarta dan 120 km selatan Semarang, persis di perbatasan antara provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi Prambanan terletak di desa Prambanan yang wilayahnya dibagi antara kabupaten Sleman dan Klaten.

Sekarang, candi ini adalah sebuah situs warisan dunia yang dilindungi oleh UNESCO mulai tahun 1991 dan menjadi satu wisata di Jogja yang terkenal di dunia. Kompleks ini terlindung dan memiliki status istimewa. Candi Prambanan adalah candi Hindu terbesar di Asia Tenggara, tinggi bangunan utama adalah 47m. Kompleks candi ini terdiri dari 8 kuil atau candi utama dan lebih daripada 250 candi kecil.

Itulah tempat-tempat wisata di Jogja yang paling poluler di Indonesia dan mancanegara selalu ramai dikunjungi wisatawan menjadi salah satu aset negara. Masih ada puluhan tempat wisata di Yogyakarta yang belum banyak terekspos di kalangan umum, hanya orang-orang Jogja dan sekitarnya yang tahu, biasanya justru menjadi tujuan wisata favorit mahasiswa.

Bagi kawula muda atau mahasiswa cocok jika mau berkunjung ke tempat-tempat wisata romantis di Jogja

Wisata Lainnya
Wisata Pendidikan di Yogyakarta
Wisata di Klaten yang Manteb Dikunjungi