Tempat Makan Enak di Jogja yang Paling Banyak Dicari

Jika anda suka kuliner dan ingin mencari tempat makan enak di Jogja, akan banyak sekali tempat yang bisa ditemui. Sekarang Jogja bisa dibilang adalah kotanya mahasiswa dan wisatawan, karena ada sekitar 30 lebih perguruan tinggi yang tersebar di Daerah Istimewa Yogyakarta.

DIY terkenal sebagai salah satu daerah wisata dan budaya di Indonesia. Dari latar belakang itulah kuliner menjadi bagian terpenting di kota istimewa ini. Kehidupan mahasiswa yang cenderung suka mengisi waktu luang dengan jalan-jalan dan kulineran menjadikan kota Jogja dipenuhi dengan berbagai macam tempat makan dan jenis menu makanan.

Menu makanan di Jogja yang paling banyak dicari: Gudeg, Nasi Goreng, Bakmi Jawa, Soto, Sate, Kopi Jos, Bakpia Jogja dll

1. Bakmi Jawa Mbah Hadi
kuliner Jogja
Inilah makanan enak sekali khas warung kali lima yang penjualnya juga banyak tersebar. Bakmi jawa Mbah Hadi ini mulai ada sejak tahun 1995 gitu deh. Sama kayak bakmi jawa lainnya, bakmi jawa Mbah Hadi ini dimasak dengan menggunakan anglo. Setiap harinya bakmi Mbah Hadi selalu ramai dikunjungi oleh orang, sehari saja rata-rata bisa habis 200-300 porsi.

Lokasi Bakmi Mbah Hadi: di  Jl. C. Simanjuntak di Pom Bensin Terban Yogyakarta.


2. Bakmi Shibitsu

Meskipun namanya berbau Jepang, bakmi ini dimiliki oleh orang Yogya asli dan sudah beroperasi sejak 25 tahun lalu.Warung makan ini adalah yang paling banyak dikunjungi dibandingkan warung-warung makan lain yang ada di sekitarnya. Memasaknya khas hanya menggunakan sebuah anglo berbahan bakar arang untuk memasak semua pesanan pelanggannya. Menu lainnya juga ada nasi goreng dan mie goreng.

Lokasi Bakmi Shibitsu: di Jl Raya Bantul No.106. Tempat ini dapat ditempuh sekitar lima menit dari Malioboro, tepatnya 500 meter selatan Pojok Beteng Kulon.


3. Gudeg Jogja
tempat makan gudeg jogja Banyak sekali tempat-tempat penjual gudeg recomended di Jogja. Makanan khas masyarakat Jogja ini bisa ditemui dimana saja, berikut ini daftar lokasi gudeg Jogja


4. Soto Sulung Stasion Tugu
soto sulung Jogja
“soto Sulung” memang terkenal dimana-mana. Soto khas Madura ini berisi daging sapi atau jeroan sapi seperti babat, usus, paru-paru dan hati dengan kuah yang pekat. Soto ini juga dipermanis dengan potongan telur rebus yang membuat isiannya makin mantab. Jika anda mencari tempat makan enak di Jogja khusunya soto bisa mencobanya.Warung soto yang didirikan sejak tahun 1968 oleh Bapak (alm.) Marjuddin, kini sudah memiliki beberapa cabang yang tersebar di penjuru Yogyakarta.

Lokasi Soto Sulungdi parkiran selatan Stasiun Tugu


5. Sop Ayam Pak Min

sop ayam satu ini memang sudah terkenal ada cabangnya dimana-mana, tapi di Jogja yang mungkin paling ramai pengunjung. Warung Sop Pak Min ini hanya menyediakan masakan sop ayam saja. Menu-menu yang ada lebih lengkap jika di bandingkan dengan warung-warung sop lainnya. Ada sop ayam campur dan berbagai macam sop pisah mulai bagian dada, paha, leher, kepala, sayap, kulit, uritan, brutu, dan ati ampela. Harganya terjangkau dan cukup murah antara 10.000 – 15.000 rupiah.


6. Nasi Goreng Beringharjo
Namanya ini mungkin disesuikan karena terletak di kawasan Pasar Bringharjo Malioboro. Nasi goreng ini adalah salah satu tempat makan enak di Jogja yang pantas untuk dicoba, sebab telah diakui banyak orang dan dikenal sejak tahun 1960-an, saat sang penjual memulai bisnisnya. Tak perlu menunggu lama jika hendak mencicipinya, sebab penjual biasanya memasak nasi goreng langsung dalam jumlah besar sehingga bisa dihidangkan dalam waktu cepat. Anda bisa datang mulai pukul 18.00 WIB hingga sekitar pukul 23.00 WIB


7. Angkringan Lik Man
angkringan Jogja Jika anda ingin mencoba kopi jos, nasi kucing dan berbagai menu hidangan camilan khas angkringan, disinilah tempatnya. Angkringan di Jogja memang tempat makan enak di Jogja paling favorit untuk nongkrong, ngumpul-ngumpul, kopi darat semau kalangan. Banyak mahasiswa dan komunitas yang ngumpul disana. Menu angkringan entah kenapa selalu ngangenin. Menu nasi kucing oseng tempe dan sambal teri ditambah gorengan atau sate usus bakar. nongkrong-nongkrong sambil ditemani minuman jahe susu, teh jahe, kopi jos dll memberi cita rasa yang khas.

Lokasi Angkringan Lik Man: di area angringan Tugu Jl. Wongsodirjan, Yogyakarta, disana anda bisa menemukan banyak berjejer-jejer angkringan yang bisa dipilih.


8. Lotek dan Gado-Gado

Menu makanan khas Indonesia yang wajib disukai, karena selain enak juga sehat. Campuran sayur segar, kupat, kentang dan saus sambel kacang trasi sangat menggugah selera. Ciri khas nya adalah pembuatan bumbu saus kacang di cobek besar yang kemudian dicampur dengan bahan-bahan sayur dan kupat membuat rasa bumbu merasap dan rasanya pas.

Lokasi Lotek Teteg di Jl. Argolubang, Baciro, Yogyakarta

Anda bisa menemukan mulai dari makanan khas, makanan Jepang, makanan barat, atau tempat makan yang paling khas rakyat angkringan, warung kali lima, lesehan hingga restoran semua ada. Hampir di berbagai lokasi pun pasti ada, sepertid di Malioboro, Jalan Parangtritis, Jalan Kaliurang, Jalan Solo, daerah stasiun Tugu dll.
sumber: web mancinginfo

Kunjungi juga Tempat – tempat wisata romantis di Jogja