Rute ke Wisata Bromo dari Malang dan Surabaya

Rute ke wisata Bromo bisa dipilih melalui jalur Surabaya dan Malang Pasuruan, Pariwisata Gunung Bromo merupakan salah salah satu wisata sangat terkenal di Indonesia bahkan dunia akan keindahan alam pegunungannya yang banyak dikunjungi wisatawan lokal dan manca negara. Anda sebaiknya memilih jalur perjalanan paling mudah perjalanan bisa dari Jakarta, Bandung, Jogja, Semarang, Solo. Banyak pilihan kendaraan, seperti sepeda motoran,  mobil, atau naik menggunakan transportasi umum pesawat, bus, atau kereta api dari kota asal kemudian dilanjutkan angkutan umum. Biasanya yang belum pernah sedikit bingung untuk ke wisata Gunung Bromo sebaiknya melalui rute Surabaya atau Malang?

Rute wisata bromo

Jalur Malang
Jalan dari Malang menuju Bromo lumayan ekstrim, biasanya bagi yang membawa mobil atau motor sendiri. Mobil/Motor pribadi dari Malang sebaiknya melalui jalur Pasuruan – Probolinggo terus lanjut ke desa terakhir Ngadisari sebelum naik ke Gunung Bromo.

Sedangkan yang menggunakan kendaraan umum di terminal Arjosari Malang menyewa jeep, travel, atau mobil pickup dengan muatan 6-7 orang (lebih murah patungan) untuk melintasi jalur Malang – Tumpeng Bromo.  Harga sewa sekitar 500-700 ribu rupiah sampai dengan pos bromo selanjutnya oper jeep untuk naik melintasi jalan pasir.

Jalur Surabaya
Rute ke wisata Bromo memalaui Surabaya meskipun agak jauh tapi lebih mudah dengan transportasi umum seperti pesawat, kereta dan bus ke Surabaya atau dengan kendaraan pribadi untuk menuju Desa terakhir Gungung Bromo.

Surabaya – Probolinggo – Desa Ngadisari (Desa terakhir menuju Gunung Bromo)

– Akses menuju Surabaya cukup mudah karena bisa ditempuh dengan naik pesawat, kereta dan bus.

– Sampai di Bandara Juanda ada pilihan bus yang menuju ke terminal bus Bungurasih Surabaya.

– PIlih bus jurusan Jember – Banyuwangi, turun di terminal Banyu Angga Probolinggo

– Sampai terminal Probolinggo,  selanjutnya naik angkutan desa jurusan Kecamatan Ngadisari.

Rute Perjalanan Bromo

Melalui jalur kereta api, banyak pilihan untuk Anda, mulai dari kelas eksekutif sampai ekonomi. Dari Stasiun Kereta Api Gubeng, Surabaya, Anda bisa naik Kereta Api Mutiara Timur jurusan Surabaya-Banyuwangi. Anda beli tiket sampai Stasiun Probolinggo saja. Dari Stasiun Probolinggo bisa naik angkutan kota ke Terminal Bus Probolinggo untuk ganti angkutan desa ke Kecamatan Ngadisari.

Apabila ingin naik bus eksekutif langsung ke Probolinggo, ada pilihan beberapa bus eksekutif di Terminal Bus Lebak bulus Jakarta jurusan Jember atau Banyuwangi. Anda cukup beli tiket jurusan Jakarta-Probolinggo saja.

Di Kecamatan Ngadisari banyak pilihan tempat menginap. Bisa di hotel atau rumah-rumah penduduk yang sekamar hanya 100 hingga 300 ribu rupiah. Disana banyak warung-warung makanan yang menjual minuman dan makanan panas untuk mengurangi dinginnya udara Gunung Bromo.

Wisatawan biasanya ingin  melihat matahari terbit dari Gunung Bromo lokasinya berada di puncak perlu menyewa mobil jeep/hardtop untuk mengantar naik dan menyeberangi jalanan pasir. Harga sewa sekitar 300 hingga 500 ribu rupiah per mobil. Satu mobil biasanya cukup untuk tujuh orang bisa murah dengan patungan.

Sekitar pukul 04.45 WIB matahari akan terbit perlahan-lahan. Sekitar 30 menit akan terlihat keindahan matahari terbit sampai akhirnya matahari terang berendang dan puncak Gunung Bromo terlihat bersebelahan dengan Gunung Batok. Kita akan merasa berada di atas awan melihat kabut di bawah menari-nari diatas Gunung Bromo. Puncak Gunung Semeru juga kelihatan dari kejauhan membelakangi Gunung Bromo.

Setelah puas foto-foto bersama di Penanjakan, Anda bisa langsung ke kawah Gunung Bromo. Mobil jip sewaan akan mengantar Anda sampai pemberhentian terakhir di dekat pura di kaki Gunung Bromo.

Untuk naik ke puncak kawah Gunung Bromo Anda bisa naik tangga sampai puncaknya. Apabila tidak mau capap, dengan sewa kuda dengan ongkos 100 ribu rupiah. Anda bisa menikmati naik kuda dengan dituntun pemilik kuda sehingga Anda bisa aman di atas pelana kuda.

Dari puncak Gunung Bromo akan melihat langsung kawah yang sedikit berbau belerang. Pemandangan di bawah berupa keindahan lautan pasir dan Pura Hindu tampak anggun di kejauhan kaki gunung.

Selamat berwisata, persiapkan perjalanan anda sebaik-baiknya, semoga informasi transportasi rute ke wisata Bromo bisa membantu memberi gambaran sebelum berangkat wisata traveling.

Akses menuju wisata menarik mancinginfo.com lainnya :