Rekomendasi Tempat Wisata Pendidikan di Yogyakarta

Wisata pendidikan merupakan kegiatan liburan yang sekaligus bisa mendapat wawasan pengetahuan. Biasanya untuk kalangan pelajar mulai dari tingkat pendidikan playgroup, TK, SD, SMP hingga SMA. Wisata pendidikan di Yogyakarta kerap dikunjungi para pelajar karena banyak pilihan. Jogja adalah kota pendidikan karena menjadi kota dengan populasi Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta terbanyak di Indonesia. Kampus UGM terkenal sering dikunjungi wisata pelajar sekolah menengah atas (SMA) sebagai wawasan dunia perkuliahan kampus. Selain itu juga ada museum, kebun binatang yang juga menarik untuk semua kalangan pelajar.

Taman Pintar Yogyakarta

Wisata Pendidikan JogjaTempat wisata pendidikan favorit untuk siswa palygroup, TK atau SD. Banyak juga kalangan keluarga yang berkunjung. Taman Pintar mempunyai berbagai wahana belajar dan rekreasi untuk anak-anak. Disini tersedia berbagai fasilitas yang bisa digunakan sebagai media belajar para pelajar tingkat dasar sampai tingkat sekolah menengah. Disana tersedia berbagai macam playground dan wahana yang bisa digunakan oleh para pelajar.

Ada Playground Area, terdapat berbagai permainan yang menarik dan mendidik, contohnya seperti parabola berbisik, dinding berdendang, pipa bercerita, cakram spektrum warna, air menari, rumah pohon, jembatan goyang dan jungkat-jungkit. Ada juga gedung PAUD yang khusus untuk anak usia 2 – 7 tahun.

Di dalam gedung Oval terdapat TV yang menayangkan video penelitian tentang proses terbentuknya alam semesta dan kehidupan pra sejarah. Kemudian terdapat terowongan aquarium. Keluar dari terowongan, terdapat Dome Area. Disini ada beberapa stand yang memeragakan alat-alat sains. Disepanjang tembok ke lantai 2 terpampang poster tokoh-tokoh dunia seperti Einstein, Copernicus, Stephen Hawkins dsb serta poster planet-planet di tata surya kita. Di lantai 2 terdapat berbagai alat peraga dan simulator. Yang pernah penulis coba adalah simulator gempa, simulator tsunami dan peraga listrik. Terdapat juga aneka alat kesenian karawitan, keris dan juga batik.

Alamat Taman Pintar Jalan Senopati No.1-3, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55121 lokasinya ke arah timur tidak jauh dari Kantor Pos Besar, Bank Indonesia dan Malioboro.

Kampus UGM
UGM masuk dalam jajaran kampus terbaik di Indonesia, yang sering dikunjungi pelajar SMA yang berwisata di kota Yogyakarta. Siswa bisa mendapat wawasan dunia perkulihan kelak, dengan status kampus terbaik di Indonesia UGM menjadi daya tarik lebih dimata siswa. Selain berwisata siswa bisa sekaligus mendapat informasi jalur masuk UGM untuk melanjutkan studi. Kampus menyediakan sarana lengkap untuk kepentingan ilmiah, seperti perpustakaan, laboratorium, rumah sakit, museum Biologi, hutan Wanagama.

UGM adalah salah satu Universitas yang mempunyai perpustakaan terlengkap, gedung yang besar dan megah menjadi favorit mahasiswa. Di perpustakaan terdapat tempat wifi area yang besar dan nyaman untuk mahasiswa belajar bersama.

Museum Sonobudoyo
Museum terlengkap di Indonesia setelah Museum Nasional di Jakarta yang memuat koleksi kesenian dan kebudayaan. Cocok menjadi pilihan wisata pendidiakan di Jogja, Sonobudoyo mempunyai sekiyar 10 jenis koleksi museum yang dikategorikan sebagai berikut : Teknologi, Geologi, Seni Rupa, Biologi, Keramologi, Etnografi, Filologika, Arkeologi, Numismatika dan Historika.

Senjata Keris merupakan salah satu jenis koleksi yang dimiliki oleh museum sonobudoyo ini. Tercatat sekitar 1200 buah keris yang menjadi koleksi dari museum ini yang berasal dari berbagai penjuru daerah nusantara. Terdapat juga koleksi yang berupa benda-benda peninggalan dari masa prasejarah sampai dengan masa datangnya Islam di Indonesia. Barang-barang koleksi tersebut seperti kapak batu, teracota, kubur batu, wayang, topeng, kain batik dan lain-lain. Terdapat juga koleksi unggulan yang berupa topeng emas Puspa Sarira yang terbuat dari bahan emas yang merupakan perwujudan dari Gayatri.

Alamat Museum Sonobudoyo terbagi menjadi 2 unit, Unit pertama terletak di Jl.Trikora no.6 Yogyakarta dan Unit dua terletak di Ndalem Condrokiranan Wijilan Yogyakarta.

Museum Gunung Merapi
Merupakan salah satu tempat wisata di Jogja yang berfungsi sebagai sarana pembelajaran tentang gunung teraktif di dunia. Di museum ini wisatawan dapat mempelajari tentang Gunung Merapi dari sisi legenda dan mitos, kearifan lokal, sejarah letusan, serta melihat sisa-sisa erupsi. Ada zona khusus Gunung Merapi yang berisikan tentang seluk beluk Merapi. Di zona ini wisatawan bisa menyaksikan fenomena pertumbuhan kubah Gunung Merapi, mitos seputar Gunung Merapi, pos pengamatan Gunung Merapi dari era Belanda hingga era modern, dan masih banyak lagi. MGM sangat pantas menjadi tempat wisata pendidikan, disana ada pembelajaran cara menyelamatkan diri dari ancaman bahaya gunung api yang meletus

Alamat lokasi Museum Gunung Merapi berjarak sekitar 5 km dari obyek wisata Kaliurang, tepatnya di Jalan Boyong, Dusun Banteng, Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Sleman, DIY. Dari Yogyakarta silakan ikuti Jalan Kaliurang.

Baca Juga >> Tempat Wisata di Jogja Paling Terkenal