Rekomendasi Tempat Kuliner Solo yang Khas dan Terkenal

Berkunjung di Solo saat  wisata atau sekedar singgah sepertinya sayang jika tidak mampir di tempat – tempat kuliner Solo yang khas, yang terkenal sebagai makanan khas Jawa. Ada beberapa makanan dan jajanan yang dijual mulai dari kaki lima dan warung makan bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menikmati makanan khas jajanan rakyat. Harga menu makanan di Solo pun terkenal murah dan terjangkau. Biasanya bagi wisatawan yang berkunjung tentu belum tahu tempat kuliner Solo yang rekomendasi untuk disinggahi. Beberapa makanan khas Solo antara lain ada nasi liwet, tahu kupat, srabi, timlo, gulai dan tengkleng . Anda mau pilih yang mana, berikut ini daftar tempat yang bisa anda kunjungi untuk menikmati makanan khas Solo saat singgah.

1. Nasi Liwet

nasi liwet
Nasi liwet merupakan nasi gurih yang diolah dengan santan dengan wadah pincukan daun pisang. Biasanya, nasi liwet disajikan dengan berbagai macam lauk, seperti ayam, tempe, tahu, dan sambal.Penjual nasi liwet biasanya adalah emak-emak yang buka mulai sore hari hingga malam dini hari.

Rekomendasi yang paling terkenal adalah “Nasi Liwet Wongso Lemu” Jl. Teuku Umar Keprabon. Tapi anda bisa banyak menemui penjual di pinggir-pinggir jalan di Solo. Dengan harga seporsi sekitar 8.000 – 17.000 rupiah saja.

2. Tahu Kupat
Tahu kupat Solo terdiri dari tahu goreng, ketupat, mie kuning, kol, dan tauge. Isian tersebut kemudian diberi air kuah kecap gula bawang yang mempunyai cita rasa khas, serta ditaburi irisan daun seledri dan bawang goreng. Pembeli biasanya akan ditawari pedes atau tidak, jika suka pedas ditambah cabe yang digerus langsung di piringnya.

Rekomendasi
Tahu kupat Sido Mampir Jl. Gajah Mada 95, Solo
Tahu kupat Pak Brewok JL RM Said
TahuKupat Pak Gombloh yang berada di Jl.Perintis Kemerdekaan Solo

4. Gulai, Tengkleng & Sate Kambing
Bagi yang suka menu kambing, ternyata Solo terkenal dengan masakan kambing yang enak, daftar menunya Sate, gulai dan tengkleng.

Rekomendasi
Sate Mbah Bejo Loji Wetan, Pasar Kliwon ( Timur Perempatan Beteng Trade Center )
Tengkleng Pojok / Gapura Pasar Klewer
Sate Kambing Bu Galak Jl. Ki Mangunsarkoro Sumber, Banyuanyar, Solo
Sate Kambing Pak Manto : Jl. Honggo Wongso ( Selatan Toserba Luwes Honggowongso )

5. Timlo
Timlo khas solo biasanya dengan kuah yang segar bermacam pilihan timlo alias timlo komplit, telor rempelo ati, telor sosis, rempelo ati dan sebagainya. Harganya per porsi menu antara 8000 sampai 15.000 rupiah

Rekomendasinya adalah Timlo Satro Jalan Pasar Gede Timur No 1-2

6. Oleh – oleh
Srabi Notosuman, Serengan , Solo
Roti Orion Jl. Urip Sumoharjo ( Utara Pasar Gede Solo )
Pusat Oleh – Oleh Jl. Kali Larangan Serengan Solo

Kota Solo cukup mudah dijelajahi, berkunjung sekaligus kulineran adalah satu paket yang sayang jika dilewatkan. Tempat-tempat kuliner di Solo tersebut hanya sebagian kecil yang terkenal saja, masih banyak tempat kuliner yang bisa anda temui.  Jika ada rekomendasi tempat kuliner Solo yang anda anggap spesial silahkan menambahkan komentar di bawah sehingga menambah referensi.