Rekomendasi Rumah Makan Seafood di Jogja

Bagi anda yang suka menu ikan atau masakan laut, mencari resto atau rumah makan seafood di Jogja itu susah-susah gampang. Belum tentu semua warung seafood mempunyai hidangan yang lezat dengan harga yang terjangkau atau murah. Ada ratusan warung dan restoran seafood di Jogja, karena memang memang kota ini terkenal dipenuhi dengan wisata dan kuliner.

Biasanya tempat-tempat makan ini jika terkenal enak dan murah pasti banyak dikunjungi kalangan mahasiswa pada jam-jam sore hari setelah mahrib. Menu seafood memang cocok untuk dinner/makan malam, apalagi saat malam minggu. Menu yang biasanya dicari adalah kakap, cumi, kepiting, gurita dan ikan gurame, bawal, lele.

Kepiting Cak Gundul

1. Warung Cak Sule
Bagi yang jalan-jalan ke Parangtritis dan ingin menikmati menu masakan ikan laut disini bisa jadi pilihan. Warung makan ini menjadi salah satu tempat makan terkenal di Jogja.

Alamat Warung Cak Sule mudah dicari, karena berada di pinggir jalan parangtritis. Rasanya enak dan harganya terjangkau, warung ini selalu ramai dikunjungi, baik orang lokal maupun wisatawan luar negeri karena lokasinya yang strategis dekat dengan daerah turis prawirotaman.

Warung Cak Sule ini menghadirkan menu chinese and sea food yang terkenal enak dengan harga murah bersahabat berkisar antara 13.000 – 60.000 saja. Meskipun warungnya rame tapi pelayanannya lumayan cepat, rekomended untuk dicoba.


2. Mai-Mai Ikan Bakar

Di rumah makan ini uniknya banyak pilihan ikan yang masih hidup segar, sehingga pengunjung bisa memilih langsung. Harga ikan berkisar antara 8000 – 11.000 per ons/100 gr. Ikan ukuran 1-2 ons biasanya sudah cukup besar untuk dimakan satu orang.

Pelayan Mai-Mai yang ramah akan menawarkan kepada kita jenis bumbu yang dipilih, bumbu pedas, manis atau bumbu bali. Banyak kalangan mahasiswa atau keluarga yang langganan di Mai-Mai sehingga sudah kenal dengan pelayan disana. Banyak pilihan menu favorit seafood disini, anda bias memilih yang paling diinginkan sesuai selera.

Alamat Mai-Mai Ikan Bakar di Jl seturan pas selatan perempatan barat jalan


3. Kepiting Cak Gundul 1992
Rumah makan khusus bagi yang hunting seafood di Jogja spesial menu kepiting. Menu King Crabs jadi andalan dengan banderol harga 25.000 per ons, super jumbo 15.000 – 18.000 per ons.

Meskipun harganya lumayan mahal tapi demi kepuasan hidangan menu kepiting tidak perlu diragukan lagi. Sekain itu juga ada menu lain sebagai pelangkap, seprti udang mentega, cah kangkung, sayur asem dan berbagai aneka minuman.

Loasi rumah makannya pun sangat nyaman dan asri dengan tempat parkir yang luas. Alamat Kepiting Cak Gundul cabang Jogja di Jl. Damai Gang Watu Gede, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Rumah makan ini memang agak nyempil, tetapi cukup gampang dicari, dari jalan palagan (timur Monumen Jogja Kembali) lurus ke utara sampai ada Jalan Damai (sisi timur) dan belok kanan tetapi tetap waspada karena Gang Watu Gede lumayan kecil di selatan jalan.


4. Bakmi & Seafood 99

Perpaduan antara menu bakmi dan seafood yang terkenal di satu rumah makan yang khas chinese food ini. Menurut saya hampir semua menu mantab semua, terutama cumi-cumi saus tiram.

Menunya ada bakmi, bihun goreng capcay, kwetiaw, nasi goreng dan menu seafood seperti ikan gurame, cumi, kepiting dsb. Harganya yang sangat bersahabat antara 10.000 sampai 30.000 menjadikan tempat makan ini ramai dikunjungi pelanggan, terutama mahasiswa. Warungnya tidak terlalu besar sehingga banyak orang sekitar yang membeli dengan dibungkus. Mulai buka jam 10.00 sd 22.00

Alamat Bakmi dan Seafood 99 di Yogyakarta
1. Jl Purwomartani, Kalasan Sleman
2. Jl Seturan Selokan Mataram setelah perempatan pertama dari Gejayan
3. Jl. Tirtamarta No. 80 Gemawang Sinduadi Mlati Sleman


5. Marem Pondok Seafood

Menu unggulan rumah makan ini adalah udang galah marem hot plate. Rasa manisnya udang berpadu dengan rempah-rempah pilihan menjadikan menu satu ini banyak disukai pengunjung.

Jika Anda menyukai masakan pedas, Anda dapat mencicipi Udang Galah Saus Lada Hitam. Seafood lain yang dapat Anda jumpai adalah Udang Peci, Kepiting Telor, Kepiting Jantan, Cumi, Kakap Merah, dan Kerang. Juga menu ikan segar seperti Gurameh, Nila, Bawal dan Patin. Untuk ikan segar harga per ons nya cukup murah 5000 – 6000 rupiah saja.

Suasana yang ditawarkan sangat nyaman, tempatnya yang tertata dengan apik dan bersih , pemandangan hijaunya sawah, semilir angin yang bertiup dan suara gemericik air menjadi salah satu daya tarik.

Alamat Marem Pondok Seafood di Jl. Wonosari Km 7 Wiyoro Lor 26B, Bantul. Buka pukul 09.00 – 21.00.


6. Warung Cak Ali

Warung seafood Jogja yang juga terkenal dengan kepitingnay, warungnya sederhana dan tidak terlalu luas. Di dalamnya hanya terdapat dua meja cukup besar sebagai tempat bersantap. Tetapi jangan salah lho, walaupun sederhana, warung Cak Ali selalu ramai pembeli.

Masakannya lezat, harganya pun juga terbilang sangat murah untuk ukuran masakan sea food. Padahal olahan kepiting biasa dikenal dengan harga jualnya yang cukup tinggi. Tetapi warung Cak Ali justru sebaliknya. Terbukti harga menu untuk 1 ekor kepiting hanya dipatok dengan harga Rp50.000,00 dengan ukuran yang cukup besar.

Alamat: Jl. Diponegoro Yogyakarta. (depan pegadaian, sebelah/depan Hotel Amaris selatan jalan)


7. Abhayagiri Restaurant and Banquet Service

Bagi anda yang ingin menikmati restoran seafood di Jogja dengan pemandangan yang sangat indah disini tempatnya. Restoran ini terkenal dengan menu-menu internasional untuk turis dan kelas menengah keatas.

Abhayagiri sangat nyaman bila dikunjungi sore hari, kita bisa melihat candi prambanan dari sini, karena letak restaurant ini berada di atas ketinggian. Menu makan yang ditawarkan tcukup bervarian idak hanya seafood saja. Untuk rasa standar untuk harga yang cukup mahal sekitar 60.000 – 600.000 tidak terlalu spesial, yang spesial adalah pemandangan yang dimiliki oleh restaurant ini. bagus juga digunakan untuk romantic dinner bersama pasangan.

Alamat Abhayagiri Restaurant Sleman (Prambanan) | Sumberwatu Heritage Resort, Yogyakarta. Sekitar 10 menit dari candi Prambanan