Rahasia 7 Varian Minuman Kopi Terkenal

Di dunia perkopian tentu tidak asing lagi dengan macam-macam minuman kopi yang sudah terkenal ini. Coffee menjadi minuman nomer satu yang digemari banyak orang karena mempunyai banyak pilihan cita rasa original dan paduan rasa pada jenis mimuman coffee blending yang unik. Anda pasti tahu dengan mana-mana espresso, cappucino, latte, americano, mocha dsb. Apakah anda tahu jika nama-nama jenis minuman kopi tersebut sudah mempunyai ciri khas racikan dan rasa yang sama di seluruh dunia. Semakin pas racikan dan rasa yang dihasilkan oleh sebuah coffee shop maka akan semakin baik. Dalam membuat racikan kopi untuk menghasilkan rasa yang pas itu tidak gampang. Inilah keunikan dan kenikmatan minuman kopi yang sering tidak diketahui oleh para peminum kopi, yuk kita pelajari

1. Espresso

kopi espresso Kopi espressso dihasilkan dengan menggunakan alat khusus yang mengekstraksi biji kopi yang sudah digiling dengan menyemburkan air panas di bawah tekanan tinggi. Ekstrak kopi akan keluar bersama air dari lubang kecil, karena tekanan yang kuat akan menghasilkan buih di permukaan. Seluruh bijih kopi yang tersisa di dalam mesin harus dibuang dan diganti dengan yang baru.

2. Cappucino

cappucino kopiSatu jenis minuman coffee yang terkenal dari Italia ini mungkin yang paling terkenal karena sudah banyak brand kopi instan cappucino. Ya ciri khas cappucino adalah busa atau foam yang tebal diatas kopi. Komposisinya adalah kopi, susu (steamed milk), dan foam. Dari segi rasa lebih pahit dan aromanya yang wangi khas.

3. Macchiato

MacchiatoAdalah jenis minuman kopi yang dibuat dengan mencampurkan espresso dengan susu. Ada dua jenis macchiato yang biasanya disajikan, yaitu espresso macchiato dan latte macchiato. Espresso macchiato dibuat dengan menambahkan sedikit susu ke dalam segelas espresso. Sedangkan apabila espresso yang ditambahkan ke dalam segelas susu, maka minuman tersebut disebut dengan latte macchiato.

4. Coffe Latte
Latte berasal dari bahasa Italia yang artinya susu, sehingga racikan latte akan lebih banyak susunya dibanding kopinya. Tidak ada busa dalam latte, rasa susu yang mendominasi dan tambahan sepertiga kopi. Latte lebih banyak disajikan dingin dengan tambahan es batu.

5. Frappe
Kopi frappe terkenal disajikan dingin khas Yunani yang bersalut buih, terbuat dari kopi instan, gula, air dan es. Ciri khas nya adalah gelas panjang dengan busa diatas kopi ditambah sedikut coklat.

6. Mochachino
Mochacinno dibuat dari campuran espresso dan coklat panas (harus sangat kuat dan pekat), kemudian diberi susu panas berbuih. Di atasnya ditambah bubuk coklat, kayu manis dan whipped cream.

7. Long Black
Long Black populer di Australia. Kopi ini adalah ‘espresso encer’, yang dibuat dengan cara menuangkan espresso di atas air panas. Air panasnya dulu, baru espresso. Urutan tersebut dimaksudkan supaya tidak merusak crema yang terdapat pada espresso.

Biasanya di tempat-tempat coffee shop akan lebih banyak variasi rasa dan blending dari jenis-jenis diatas, seperti vanila latte, caramel, frappe blend dsb sehingga menambah pilihan pengunjung.

Bonus
Kopi Joss

kopi joss Kopi ini sangat populer di Yogyakarta khususnya di angkringan Tugu. Kopi joss dibuat dengan gula, kopi bubuk dan diseduh dengan air mendidih seperti kopi biasa pada umumnya. Uniknya lalu ditambahkan dengan arang panas, saat arang panas dimasukkan, maka terdengarlah bunyi josss pada kopi. Rasa dan aroma yang khas akan menemani Anda di malam hari sebagai salah satu wisata kuliner Yogyakarta yang menarik para traveler.

Baca Juga:
– Coffee shop di Jogja yang recommended 

Jenis kopi Indonesia terbaik di dunia