PTS Universitas Swasta Terbaik di Jakarta

Kampus Perguruan tinggi swasta (PTS) atau universitas swasta terbaik di Jakarta cukup banyak pilihannya. Di Jakarta memang terkenal lebih banyak Universitas swasta favorit yang justru mempunyai jurusan kuliah yang bagus. Bagi sebagian besar lulusan SMA di wilayah Jakarta, Bekasi dan Tangerang sendiri masuk Universitas Negeri justru bukan pilihan utama, karena persaingan masuk yang sulit. Perguruan tinggi atau universitas di Jakarta ada seratusan lebih perguruan tinggi (Universitas, sekolah tinggi, akademi) dengan berbagai pilihan jurusan akreditasi A B. Berikut ini daftar Universitas swasta terbaik di Jakarta menurut survei akreditasi Kampus

universitas-swasta-terbaik-di-jakarta

1. Universitas Gunadarma
Gunadarma beberapa kali masuk dalam daftar ranking 10 besar Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta terbaik se Indonesia. Tahun 1996 pada awalnya TMIK & STIE Gunadarma berganti nama resmi baru menjadi Universitas Gunadarma bersama dengan 7-fakultas baru yaitu Fakultas Teknologi Industri (Teknik Mesin, Teknik Elektronika & Teknik Informatika), Fakultas Teknik Sipil, Fakultas Dokter Teknologi Informasi, Fakultas Dokter Ilmu Ekonomi, Fakultas Teknik Perencanaan, Fakultas Psikologi & Fakultas Sastra.


2. Universitas Mercu Buana Jakarta

Didirikan pada tanggal 22 Oktober 1985, kampus utama yang juga dinamakan Kampus A terletak di daerah Meruya, Jakarta Barat. Kampus lainnya, yaitu Kampus B, terletak di Menteng, Jakarta Pusat, Kampus C di Depok, Jawa Barat, serta Kampus D di Bekasi, Jawa Barat. Progam Sarjana 1 mempunyai jurusan Teknik, Ekonomika Bisnis, Ilmu Komunikasi, Ilmu Komputer, Psikologi.


3. Universitas Paramadina

Didirkan oleh Prof. Dr. Nurcholish Madjid Universitas Paramadina adalah sebuah salah satu universitas swasta terbaik di Jakarta, institusi pendidikan tinggi yang bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kedalaman iman, kepekaan nurani, ketajaman nalar, kecakapan berkarya, keluasan wawasan  kemandirian jiwa. Bergerak di bidang pendidikan dan berorientasi pada nilai-nilai Islam, sepakat untuk bekerja sama dan berencana mendirikan perguruan tinggi. Universitas Paramadina Mulya mempunyai empat program studi, yaitu Teknik Informatika, Psikologi, Disain Produk, Manajemen, Falsafah dan Agama.


4. Universitas Trisakti

Satu-satunya perguruan tinggi swasta di Indonesia yang didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia pada tanggal 29 November 1965 melalui Surat Keputusan Menteri PTIP Nomor 013/da/1965 yg ditandatangani oleh Dr. Sjarif Thajeb.

Universitas Trisakti atau yang biasa disingkat dengan Usakti merupakan salah satu kampus swasta terbesar di Jakarta yang terdiri dari 9 fakultas yaitu:Fakultas hukum, Fakultas kedokteran umum, Fakultas kedokteran gigi, Fakultas ekonomi, Fakultas teknik sipil dan perencanaan, Fakultas teknologi industri, Fakultas teknologi kebumian dan energi, Fakultas arsitektur lansekap dan teknologi lingkungan, Fakultas seni rupa dan desain


5. Bina Nusantara

Universitas Bina Nusantara adalah salah satu universitas terbaik di Jakarta dengan jurusan Informatika (IT) terbaik di Indonesia. Motto kampus Binus “Membangun Bangsa melalui ilmu pengetahuan dan teknologi (Establishing the future through science and technology). Universitas Bina Nusantara memiliki program pendidikan: Sekolah Sistem Informasi, Sekolah Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Sekolah Bisnis dan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Komunikasi, Sekolah Desain, Fakultas Humaniora, Magister Teknik Informatika, Magister Manajemen Sistem Informasi, Magister Manajemen (Sekolah Bisnis), dan Doktor Riset Manajemen.


6. Universitas Esa Unggul (UEU)

Salah satu Perguruan tinggi Islam terbaik swasta di Kota Jakarta, Indonesia, yang berdiri pada tahun 1986 di bawah naungan Yayasan Pendidikan Kemala Mencerdaskan Bangsa. UEU adalah Perguruan Tinggi yang merintis dan mempelopori pendirian Akademi Rekam Medik (ARM), Program Sarjana Terapan Fisioterapi yang pertama di Indonesia. mempunyai 10 Fakultas Program Sarjana dan 4 Program Pascasarjana.


7. Universitas Pelita Harapan
Sebuah perguruan tinggi swasta (Kristen) salah satu terbaik berlokasi di beberapa tempat di Jakarta, Program Sarjana S-1 di Lippo Village, Tangerang, Banten, Program Master di kawasan Semanggi, Jakarta, Surabaya, Jawa Timur (Program Sarjana S-1 dan S-2 Master).Universitas Pelita Harapan memiliki lambang berbentuk Alkitab yang terbuka dan Rajawali siap terbang, dengan tulisan Universitas Pelita Harapan melingkar di sekelilingnya.


8. Universitas YARSI
Universitas YARSI ialah perguruan tinggi Islam swasta yang berada di Cempaka Putih, Jakarta Pusat. YARSI adalah Universitas dengan Fakultas Kedokteran Uumu terbaik dengan akreditasi A. Falultas Unggulan YARSI adalah Kedokteran Umum, Kedokteran Gigi, Ekonomi, Hukum dan Teknologi Informasi, dan Psikologi.

YARSI di Jakarta sebagai yayasan yang bergerak dalam bidang kesehatan, pendidikan, dan keagamaan selain memiliki Universitas ia juga membawahi jasa-jasa lainnya seperti perpustakaan, pusat pendidikan kebahasaan, madrasah diniyah, masjid, dan rumah sakit pendidikan (sedang dalam pembangunan) yang kesemuanya berada dalam satu wadah di bawah Yayasan YARSI di Jakarta.


9. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Jakarta

Unika Atma Jaya masuk dalam 5 besar universitas swasta terbaik di Indonesia menurut persepsi para pengguna lulusan/kalangan dunia kerja. Sedangkan survey Majalah Tempo sejak tahun 2005 hingga 2007 menempatkan Unika Atma Jaya dalam Top 10 universitas-universitas terbaik di Indonesia.


10. Universitas Budi Luhur (UBL)
Universitas swasta yang merupakan penggabungan dari Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, Sekolah Tinggi Teknik dan Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik terbaik. Diresmikan pendiriannya pada tanggal 7 Juni 2002, berdasarkan surat keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 114/D/O/2002. Universitas Budi Luhur yang merupakan suatu perwujudan karya nyata Yayasan Pendidikan Budi Luhur bagi bangsa


11. Universitas Nasional (Unas)
Salah satu Perguruan tinggi universitas swasta terbaik di Jakarta dan tertua, merupakan perguruan tinggi kedua tertua di Indonesia yang berlokasi i Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Tujuan Universitas sebagai pusat kebudayaan, ilmu dan teknologi mempunyai tujuan menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan atau profesionali yang berbudi pekerti luhur , kreatif produktif yang dapat menerapkan, mengembangkan dan atau memperkaya khasana ilmu pengetahuan, teknologi dan atau seni yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia.