Peluang Budidaya Lobster Air Tawar yang Menjanjikan

Peluang budidaya lobster air tawar saat ini semakin bagus dan salah satu peluang bisnis yang menjanjikan dengan meningkatnya perekonomian di bidang kuliner. Bagi orang umum belum bisa mendapatkan lobster dengan mudah, masih terbatas menu spesial di lestoran seafood tertentu. Tidak seperti ikan air tawar lain yang mudah di dapatkan di pasar-pasar.

peluang budidaya lobster air tawar

Yuk kita lihat seperti apa peluang nya

Pertama, kita tahu bahwa bisnis penyedia bahan konsumsi tidak ada resiko tidak laku, karena orang butuh makan, dan setelah makan mereka akan makan lagi.

Jika anda sadari saat ini masih sangat terbatas penyetok lobster konsumsi karena belum umum di masyarakat, dan juga belum banyak rumah makan atau restoran seafood yang menyediakan menu lobster

Apalagi saat ini di jaman kemajuan internet kita sudah sangat-sangat mudah untuk mencari pembeli. Bocoran saja, salah satu peternak lobster konsumsi di Jakarta saat ini baru bisa menyyeidakan 100 Kg per minggu, Padalah rata-rata satu restoran besar di Jakarta saja butuh minimal 10 Kg per hari. Kebanyakan stok mereka masih impor.

Lobster tergolong mahal harganya 1 Kg mencapai 150.000 hingga 300.000 tergantung ukuran dan jenisnya. Siapapun tahu bahwa lobster adalah salah satu menu yang spesial seperti halnya kepiting. Identik dengan menu spesial di restoran mewah.

Pengalaman mereka yang membudidayakan lobster

Dari beberapa pengalaman dengan modal 5-7 juta sudah bisa membeli 30 ekor indukan jantan dan betina beserta perlengkapan budidaya.

Budidaya lobster terbilang mudah namun juga tidak gampang, membutuhkan keseriusan dari mulai mengawinkan indukan sampai proses benih berhasil tumbuh menjadi lobster dewasa berukuran 5 cm.

Tempat budidayanya tidak membutuhkan tempat besar, bisa dari akuarium atau kolam ukuran 3 M X 2 M dengan tinggi 50Cm sudah bisa digunakan. Media yang sering digunakan adalah kolam semen atau kolam fiber (Tank). Kolam semen dan kolam fiber ini banyak digunakan untuk membesarkan burayak sampai berat sekitar 5 cm.

Asumsi budidaya hingga siap jual kurang lebih 4-6 bulan. Nah selama masa budidaya sambil mencari target pasar, karena para pembudidaya awam saringkali mengeluhkan pemasarannya cukup sulit karena bukan jenis ikan yang ramai di pasaran seperti lele, udang, gurame dll.

Jika sudah mendapatkan pasarnya salah seorang pembudidaya menyampaikan di detik finance peluang budidaya lobster air tawar bisa meraup untung bersih minimal 6-10 juta rupiah. Itu masih budidaya rumahan belum skala besar yang melibatkan banyak karyawan.

Namun bagi pemula tentu tidak bisa langsung mendapatkan keuntungan yang jelas tanpa pengalaman budidaya yang baik. Teknis budidaya sebaiknya anda belajar lebih dalam dari buku panduan atau di internet. Akan lebih baik jika bisa belajar dari mentor khusus yang telah pengalaman.

Bagaimana Masalah Pemasaran?

Sekarang jika anda membaca ini berati sudah paham internet, nah itu dia cara paling ampuh untuk pemasaran saat ini. Gunakan saja internet pasang promosi di facebook, OLX, Tokopedia dan blog sperti ini untuk menawarkan dan menjelaskan datail lobster yang anda jual.

Gunakanlah waktu jeda sebelum panen untuk memasarkan lobster anda melalui internet. Saya yakin kurang dari dua bulan akan ada orang yang menghubungi anda untuk membeli lobster.