Mengenal Minuman Kopi Espresso

Apa sih kopi espresso itu? Bagi para pecinta kopi pasti sudah tahu dong macam-macam jenis kopi, cara membuat dan cita rasanya.kopi-espressoCiri espresso terdapat suatu komponen yang disebut crema yang merupakan busa berwarna keemasan yang mengambang di permukaan.

Diekstrak menggunakan bubuk kopi giling single origin jenis arabika atau robusta untuk menghasilkan cita rasa spesial dari bubuk kopi jenis-jenis tertentu. Hasil brewing (pembuat minuman) espresso bisa menghasilkan busa yang berasal dari protein bubuk kopi. Selain itu juga bisa dibuat latte dan cappuccino dengan susu menggunakan coffee machine.

Pengertian Espresso sendiri adalah minuman yang dihasilkan dengan mengekstraksi biji kopi yang sudah digiling dengan menyemburkan air panas di bawah tekanan tertentu. Espresso berasal dari Bahasa Italia yang berarti express atau “cepat” karena dibuat untuk disajikan dengan segera kepada pelanggan.

membuat espresso

Secara teknis, espresso diperoleh ketika 45 ml air disemburkan dengan tekanan tertentu melewati 7 hingga 10 gr kopi bubuk pada temperatur air panas 90 – 93 °C.


Jenis Varian Brewing Espresso

Espresso macchiato, espresso yang diberi susu berbuih di atasnya. Perbandingan susu dan kopinya 50% : 50%

Americano, espresso dengan ditambah air panas.

Cappuccino, terbuat dari espresso, susu yang diuapkan, dan susu berbuih.

Caffe latte terbuat dari espresso dan susu yang diuapkan. Untuk membuat caffe latte, isi cangkir dengan 1,5 oz. espresso, dan tuangkan uap susu ke atasnya sampai 7/8 penuh.

Pembuatan kopi espresso bisa menggunakan berbagai macam alat, dari manual, semi manual hingga coffee machine otomatis. Para pecinta kopi di luar negeri sana sudah biasa membuat espresso secara manual supaya bisa menikmati setiap saat. Kopi espresso merukapan salah satu yang terkenal dari 7 varian minuman kopi lainnya.