Daftar Lokasi Gudeg Jogja yang Terkenal

Gudeg Jogja

Berikut ini adalah beberapa lokasi Gudeg Jogja yang terkenal enak dan selalu ramai dikunjungi. Ketika berada di Jogja kebanyakan pasti ingin mencicipi makakan khasnya, gudeg adalah salah satu kuliner khas Jogja paling terkenal. Bisa dibilang sebagai makanan masyarakat Yogyakarta sehari-hari, penjualnya buka di warung atau lesehan yang banyak ditemui di pingir jalan biasa buka pada pagi hari sekitar pukul 06.00 – 09.00 sebagai menu sarapan favorit. Namun di beberapa tempat ini populer dan terkenal memberikan citarasa yang khas benar-benar asli gudeg kering atau basah dengan beberapa pilihan lauk khas, sayur nangka dan sambal goreng krecek.

1. Sentra Gudeg Wijilan
Ingin mengunjungi kawasan dengan berderet-derat penjual Gudeg? Silahkan menuju Jl Wijilan Yogyakarta. Area Wijilan paling kondang sebagai sentra gudeg. Lokasinya berada di sebalah selatan tidak jauh dari kompleks Kraton Yogyakarta dan dapat dicapai dengan 10 menit berjalan kaki atau dengan naik becak. Diawali oleh Bu Slamet yang mulai berjualan sejak tahun 1946, kini sekitar 20 warung berderet memenuhi sisi Jl. Wijilan.

2. Gudeg Yu Djum
Gudeg legendaris Yu Djum disajikan di atas piring rotan beralas daun pisang. Menu standarnya terdiri dari gudeg, sambal goreng krecek, telur pindang, ayam suwir, tahu, tempe, dan opor ayam – dada, paha, atau sayap. Sayur nangka warna coklat merah dengan rasa perpaduan manis dan gurih, enak banget di lidah. Ditambah sambal goreng kreceknya dengan cabe utuh yang khas.
Ada beberapa cabang yang bisa anda pilih di alamat – alamat Gudeg Yu Djum berikut ini:

  • Jl Wijilan no. 31 di selatan plengkung wijilan
  • Jalan Kaliurang Km 4,5 Karangasem
  • Jalan Kaliurang Km 5 Koncoran Gg Srikaton 2
  • Jalan Laksda Adisucipto dekat bandara
  • Area UGM di belakang fakultas Kehutanan UGM

3. Gudeg Bu Ahmad
Alamat Gudeg Bu Ahmad di Jl. Kaliurang km 4,5. Warung gudeg Bu Ahmad, terletak di sebelah utara fakultas Kehutanan UGM, dengan plang besar berwarna coklat, pasti anda akan mudah menemukannya saat menyusuri sisi utara selokan mataram Fakultas Kehutanan UGM. Tempatnya cukup luas dan nyaman untuk menikmati hidangan khas gudeg kering tidak berkuah ciri khas gudeg Bu Ahmad. Di saat saat jam makan siang dan pulang kerja lokasinya sangat padat dikunjungi pembeli, sebaiknya cari waktu pagi hari antara pukul 08.00 – 10.00 atau sore antara pukul 13.00 – 15.00.

4. Gudeg Permata Bu Pujo
Lokasi di sebelah barat Bioskop Permata Jl. Sultan Agung. Pilihan untuk anda yang ingin menikmati gudeg pada malam hari, biasanya mulai buka pukul 21.00 hingga habis pada dini hari. Gudeg favorit ini berdiri sejak 1951, ketika Bioskop Permata masih jaya. Pelanggan gudeg Bu Pujo yang awalnya adalah anak-anak muda yang ingin nonton bioskop sekarang beralih ke penggemar gudeg yang sering klayapan malam-malam.

Di beberapa lokasi gudeg Jogja diatas harga untuk setiap porsi berkisar antara 12.000 – 35.000 dengan berbagai pilihan lauk. Untuk paket harga 60.000 – 200.000 adalah menu paket porsi banyak yang cocok untuk oleh-oleh. Silahkan memilih mana yang akan anda tuju untuk menikmati kuliner khas Jogja ini. Sumber mancinginfo.com