Jenis-Jenis Kopi Indonesia Terbaik di Dunia

Negara ini mempunyai jenis kopi Indonesia terbaik yang terkenal sebagai minuman yang digemari dan banyak dicari orang di seluruh dunia. Karena jenis minuman premium yang hanya bisa ditanam di negara-negara tertentu, harga kopi terbilang cukup mahal untuk jenis yang terbaik, premium dan spesial. Indonesia tercatat sebagai negara penghasil kopi terbesar urutan ke empat/ke tiga di dunia. Jenis-jenis kopi Indonesia adalah jenis premium di pasaran dunia, terutama di Amerika. Jenisnya yang beragam menjadikan variasi rasa khas sehingga selalu diminati pasaran mancanegara. Letak geografis daerah tropis dan pegunungan yang mendukung tempat penanaman tanaman kopi terbaik, semakin tinggi dataran tempat menanam, maka semakin baik kualitasnya.

jenis kopi Indonesia

Sekarang di era kemudahan akses komunikasi, yang bisa menjual dan membeli bubuk kopi premium jenis Gayo, Toraja, Luwak dsb bukan hanya oleh produsen dan perusahaan skala besar saja, tapi sudah mulai banyak  pembeli dari perorangan melalui website toko online lintas negara. Masyarakat Indonesia sendiri sudah mulai tertarik untuk membisniskan premium coffee shop yang biasanya hanya terkenal di negara-negara Amerika dan Eropa. Cita rasanya beda dengan kopi instan, kopi blend yang berasal dari kopi lokal Jawa yang selama ini dimunum oleh masyarakat kita.

Kopi Gayo
Salah satu jenis kopi Indonesia yang cukup terkenal di dunia, memiliki aroma dan kenikmatan yang paling khas. Ciri khas rasanya berasal dari tempat tumbuhnya di dataran Tinggi Gayo, Aceh, dan beberapa unsur lingkungannya. Gayo adalah jenis Arabica yang mendapat peringkat premium dan banyak diekspor ke negara-negara Eropa, Amerika Serikat dan Asia. Sebagian besar komoditas kopi arabika Gayo tersebut dikembangkan di tiga Kabupaten yaitu Aceh Tengah, Bener Meriah, dan Gayo Lues.

Kopi Toraja
Namanya diambil dari asalnya yaitu daerah Toraja, Sulawesi Selatan. Mempunyai rasa yang khas yaitu ada perpaduan rasa tanah yang terdapat di kopi tersebut. Kopi Toraja terdiri dari 2 macam jenis, yaitu Kopi Toraja Arabika kandungan asamnya rendah serta memiliki body yang berat, rasanya meninggalkan rasa pahit cukup lama di mulut, sedangkan kopi Toraja robusta rasa pahitnya biasanya langsung hilang.

Kopi Sidikalang
Nama ‘Sidikalang’ diambil dari nama sebuah kecamatan di Kabupaten Dairi, Sumatera Utara. Udara yang sejuk dan dingin, dengan tanah pegunungan yang kaya mineral di kawasan Bukit Barisan menghasilkan biji kopi Sidikalang yang bermutu tinggi, sangat terkenal akan kenikmatan cita rasanya, bahkan telah diakui mampu bersaing dengan kopi Brazil.

Kopi Liwa/Kopi Luwak
Merupakan salah satu Kopi Luwak yang harumnya tercium hingga mancanegara. Selain pengolahan cara lama, jenis Liwa juga diproduksi menjadi dua aroma, yakni aroma gingseng dan pinang. Cara mengolahnya sama dengan membuat kopi Luwak, yakni digrading dulu jadi 3 bagian sesuai ukuran. Kemudian biji kopi dimasukkan ke mesin oven (sangrai) dan dicampur dengan potongan-potongan kecil pinang atau ginseng.

Kopi Kintamani
Jenis kopi Indonesia yang dipilih untuk coffee shop tersohor ‘Starbucks’ ternyata menggunakan kopi Kintamani sebagai bahan bakunya. Kintamani yang terletak di Bangli merupakan sebuah kawasan yang terkenal akan hawa pegunungannya yang sejuk dan juga jenis anjingnya. Memiliki aroma yang lembut dan manis, kopi ini diperoleh dari perkebunan yang menggunakan sistem pengairan subak.

Kopi Flores
Kopi Flores terutama dinikamti pasar di Amerika, kopi berbiji besar, warna berkilau, aroma coklat yang kuat serta menyajikan rasa berat di lidah dengan tingkat keasamaan yang tinggi. Jenis kopi arabika ini berasal dari kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur Kopi Wamena Wamena adalah sebuah kota kecil yang terletak di lembah pegunungan Jayawijaya, iklimnya sangat dingin berkisar 15 derajat celcius. Sumber Informasi Mancinginfo

Di sini Coffee shop di Jogja yang recommended