Jenis Ikan Laut Konsumsi Paling Tinggi

Jenis ikan laut konsumsi banyak sekali jenisnya, tetapi beda ikan beda siapa yang mengkonsumsi. Ada jenis ikan laut langka yang tergolong menu makan mewah misalnya hiu dan tuna. Ada jenis yang sangat umum di pasar tradisional, seperti ikan tongkol dan salem.

Ikan laut mempunyai kandungan omega 3 dan protein yang lebih bagus dibandingkan ikan tawar. Warga Indonesia sangat bersyukur mendapat sumber konsumsi ikan laut yang murah karena negara kita yang dikelilingi oleh lautan.

ikan laut konsumsi
Berikut ini daftar jenis-jenis ikan laut konsumsi paling tinggi di masyarakat

Ikan Tongkol
Tongkol adalah sejenis ikan laut yang hidup di perairan dangkal dekat pesisir di kawasan Indo-Pasifik Barat, tongkol merupakan salah satu jenis ikan tangkapan yang penting bagi nelayan. Di Indonesia tongkol termasuk ikan konsumsi masyarakat paling besar.

Baca juga > Rekomendasi rumah makan seafood di Jogja

Ikan Cakalang
Ikan cakalang adalah ikan bernilai komersial tinggi, dan dijual dalam bentuk segar, beku, atau diproses sebagai ikan kaleng, ikan kering, atau ikan asap. Dalam bahasa Jepang, cakalang disebut katsuo. Ikan cakalang diproses untuk membuat katsuobushi yang merupakan bahan utama dashi (kaldu ikan) untuk masakan Jepang.

Ikan kakap
Kakap adalah jenis ikan laut konsumsi yang banyak dikenal di masyarakat. Kakap nilai jualnya tinggi dan rasa dagingnya banyak digemari. Mempunyai ciri tubuh yang bulat pipih dengan sirip memanjang sepanjang punggung. Jenis ikan kakap yang banyak ditemui di Indonesia adalah jenis Kakap merah (L. campechanus)

Ikan Tuna
Tuna sebenarnya termasuk famili ikan tongkol namun ukuranya lebih besar dan hidup di perairan laut yang lebih dalam. Adalah ikan konsumsi favorit dan mempunyai kandungan gizi yang tinggi, ini contoh resep ikan tuna.

Tuna adalah salah satu ikan yang diburu dan bagian penting konsumsi masyarakat dunia sebagi komoditas perikanan tangkap yang penting. LSM International Seafood Sustainability Foundation telah menyusun laporan terinci mengenai stok ikan tuna dunia.

Ikan Teri
Nama ini mencakup berbagai ikan kecil dengan warna tubuh perak kehijauan atau kebiruan. Nama ikan teri biasanya diberikan bagi ikan dengan panjang maksimum 5 cm. Teri adalah ikan laut konsumsi yang selalu bisa dijumpai di pasaran baik pasar tradisional samapi supermarket.

Ikan kod
Merupakan makanan yang populer yang memiliki rasa yang tidak terlalu kuat namun padat. Hati ikan kod diproses menjadi minyak hati ikan kod, salah satu sumber utama vitamin A, vitamin D, vitamin E, dan asam lemak omega-3. Selain itu kita juga kenal emulsion suplemen makanan yang bersumber dari ikan kod

Ikan Kembung
Termasuk ikan pelagis kecil yang memiliki nilai ekonomis menengah, sehingga terhitung sebagai komoditas yang cukup penting bagi nelayan lokal. Kembung biasanya dijual segar atau diproses menjadi ikan pindang dan ikan asin yang lebih tahan lama. Ikan kembung yang masih kecil juga sering digunakan sebagai umpan hidup untuk memancing cakalang.

Ikan Tenggiri
Ikan ini merupakan kerabat dekat tuna, tongkol. Ikan ini lebih jarang ditemui dan harganya relatif lebih mahal dibanding kerabatnya. Tenggiri banyak disukai orang, diperdagangkan dalam bentuk segar, ikan kering, atau diolah menjadi kerupuk, siomay, dan lain-lain.

Ikan salmon atau Salem
Di mancanegara salmon adalah ikan ekonomis tinggi dan favorit masyarakat karena mempunyai banyak gizinya. Di Indonesia Salmon hidup di Samudra Atlantik dan Samudra Pasifik. Salmon lahir di perairan air tawar, bermigrasi ke lautan, lalu kembali ke air tawar untuk bereproduksi.

Selengkapnya bisa di cek di sini