Inilah Buah-Buah Khas Indonesia

Buah khas Indonesia adalah buah daerah tropis yang sudah sangat terkenal dan disukai khusunya oleh masyarakat Indonesia. Hebatnya buah-buah ini ternyata juga diam-diam diminati orang luar negeri, karena unik akan rasanya dan manfaat gizi yang baik. Jika dihitung banyak sekali yang bisa tumbuh di negara agraris ini, namun buah khas ini keunikanya jarang di temui de negara lain. Mungkin bisa tumbuh di kawasan asia tengara, namun tetap yang paling tinggi populasi tumbuhannya ada di Indonesia. Karena itulah bisa disebut buah khas Indonesia yang banyak diminati dan menjadi potensi komoditas ekspor yang diminati oleh negara lain.

rambutan khas Indonesia

Rambutan
Bahasa inggrisnya rambutan yaitu sama “rambutan”.Buah satu ini khas Asia Tenggara yang tumbuh banyak di Indonesia. Diperkirakan rambutan benar-benar berasal dan tumbuh dari wilayah Indonesia lalu menyebar ke wilayah lain. Karena rasa dan bentuknya yang unik, rambutan udah diekspor sampai ke Hongkong, Uni Emirat Arab, Belanda, Jerman dan Perancis.

Durian
Ciri khas nya adalah rasa dan bau yang sangat menyengat. Di Indonesia durian bisa dibilang adalah “king og fruit” rajanya buah, kerana memang banyak disuaki dan favorit masyarakat kita. Uniknya durian adalah buah yang kontroversial, meskipun banyak orang yang menyukainya, namun sebagian yang lain malah muak dengan aromanya. Mayoritas orang eropa dan amerika tidak suka dengan bau durian yang sangat menyengat, lain hal nya dengan orang Indonesia, durin adalah buah yang lezat.

Salak
Dikenal juga dengan sebutan snake fruit karena kulitnya yang mirip dengan kulit ular, salak adalah buah asli yang hanya tumbuh di Indonesia. Daerah Sleman, Yogyakarta dan Magelang paling terkenal sebagai produsen salak pondoh, varietas salak yang terkenal manis. Salak termasuk jenis buah yang tahan lama hingga kurang lebih satu minggu sehinga mudah dipaking dan diekspor. Salak diekspor ke beberapa negara antara lain Singapura, Vietnam dan China.

Manggis
Buah yang terkenal dengan ekstrak kulit yang baik untuk kesehatan ini ternyata merupakan buah khas Indonesia. Mempunyai nama internasional Purple mangoesteen atau kadang cukup disingkat dengan mangoesteen. Pertama kali ditemukan di kepulauan Jawa dan Maluku namun berkembang meluas di wilayah tropis hingga ke Asia tenggara. Manggis sudah populer di negara-negara Amerika dan Asia, dan penghasil manggis terbesar ada di Indonesia.

Duku
Nama latin Lansium domesticum, nama lainya adalah langsat. Duku berasal dari Sumatera Selatan ini memiliki rasa yang manis asam dan pahit jika terkena bijinya. Negara-negara penghasil utama duku adalah Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Filipina.

Belimbing
Belimbing berasal dari Maluku. Buah yang manis dan mengandung banyak air inii menjadi favorit di Asia, kemudian dikenal hingga Asia tengah, Arab dan Amerika khususnya di Florida. Buah ini dijuluki Starfruit karena jika dibelah, bentuknya mirip seperti bintang. Belimbing banyak mengandung vitamin C, biasanya lebih enak jika diminum dalam bentuk jus belimbing.

Jika dilihat dafar diatas, hampir semuanya adalah jenis buah musiman, kecuali salak, yang artinya tumbuhannya tidak bisa produksi setiap saat, hanya pada musim tertentu saja. Karena hanya berbuah pada saat musimnya saja, itulah yang menjadi kendala pemasaran terutama tidak bisa memenuhi permintaan ekspor yang biasanya harus bisa menyediakan setiap saat. Namun justru itulah kelebihan buah-buah khas Indonesia tersebut, dengan selalu ada setiap saat justru menjadikan spesial pada saat musimnya.