Inilah 12 Makanan Khas Indonesia yang Terkenal

Makanan khas Indonesia yang terkenal sangat banyak dan beberapa di antaranya terkenal hingga mancanegara. Menu makanan Indonesia di luar negeri pun tak kalah banyak dibanding dengan makanan asing yang masuk ke Indonesia. Di negara kita sendiri jenis-jenis makanan Indonesia ini selalu menjadi favorit rakyat Indonesia dan mudah ditemukan di beberapa daerah. Ciri khas masakan Indonesia adalah cita rasa rempah-rempah atau bumbu nya yang kuat. Inilah beberapa makanan khas Indonesia yang terkenal yang mungkin anda sering menjumpainya

 

1. Nasi Goreng
Nasi-Goreng
Meskipun di Indonesia nasi goreng adalah menu yang sudah umum diketahui, tapi justru itulah hampir semua rakyat Indonesia menyukainya. Nasi goreng telah menjadi menu yang diminati banyak orang di luar negeri, masyarakat Eropa dan Amerika.

2. Sate
Sate
Daging tusuk yang dibakar ini adalah menu pioner bangsa kita. Hampir setiap orang mancanegara yang datang ke Indonesia akan mencari sate untuk bisa merasakan salah satu kuliner Indonesia yang terkenal. Jenis sate pun beraneka ragam, ada sate kambing, sate ayam, sate ikan dsb.

3. Bakso
bakso

Sejarah bakso dahulu kala dibawa oleh masyarakat Tionghoa yang ada di Indonesia, namun nama Bakso sudah melekat menjadi makanan favorit yang banyak disukai masyarakat.

4. Soto
soto enak
Di Indonesia mempunyai beraneka ragam jenis soto, ada Soto Kudus, Soto Banjar, Soto Pekalongan, Soto Betawi dengan sajian yang berbeda-beda. Namun ciri khas soto adalah nasi dengan kuah dengan bumbu rempah yang lezat ditambah irisan daging tipis-tipis.

5. Gudeg
Gudeg Jogja

Makanan khas dari Jogja ini sangat populer sekali, Gudeg terlihat sederhana namun cita rasanya yang istimewa yang dulunya hanya menu kalangan rakyat Yogyakarta, sekarang menjadi menu makanan yang mewah sebagai makanan jamuan istimewa tamu-tamu besar dari mancanegara. Turis-turis asing maupun lokal yang datang ke Jogja pun pasti tidak mau ketinggalan untuk mencicipi Gudeg.

6. Rendang
Rendang mendapat predikat masakan terenak di dunia. Ciri khas adalah menu daging sapi dengan bumbu santan kental dan bumbu rempah-rempah yang kuat, semakin lama dimasak akan semakin enak. Pada tahun 2011, rendang dinobatkan sebagai hidangan peringkat pertama dalam daftar World’s 50 Most Delicious Foods (50 Hidangan Terlezat Dunia) yang digelar oleh CNN International. Sumber choice-worlds-50-most-delicious-foods

7. Rawon
Rawon adalah salah satu menu khas Indonesia yang berasal dari Jawa Timur. Rawon adalah masakan daging sapi dengan kuah khas berwarna hitam dengan cita rasa yang khas dan nikmat berasal dari yaitu kluwek/keluwak/kluak. Rawon disajikan bersama nasi, dilengkapi dengan tauge kecil, daun bawang, kerupuk udang, daging sapi goreng (empal) dan sambal.

8. Kerak Telor
Kerak telor adalah makanan khas Jakarta/Betawi yang mempunyai sejarah sebagai bagian menu budaya Bangsa Indonesia. Kerak telor sangat unik dan menaraik para wisatawan di Jakarta, dengan cara masaknya menggunakan wajan dan arang dengan bahan dasar nasi ketan, telur bebek, dan diberi bumbu yang dihaluskan berupa kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica butiran, garam dan gula pasir.

9. Nasi Liwet
Jika Jogja punya Gudeg, maka Solo punya Nasi Liwet, sama-sama makanan rakyat yang kini menjadi menu pioner di daerah masing-masing, bahkan telah menjadi makanan khas Indonesia yang sering dicari turis asing. Nasi liwet adalah nasi gurih (dimasak dengan kelapa) mirip nasi uduk, yang disajikan dengan sayur labu siam, suwiran ayam (daging ayam dipotong kecil-kecil) dan areh (semacam bubur gurih dari kelapa).

10. Rujak Cingur
Rujak cingur adalah salah satu makanan tradisional yang mudah ditemukan di daerah Jawa Timur, terutama daerah asalnya Surabaya. Dalam bahasa Jawa kata cingur berarti “mulut”, hal ini merujuk pada bahan irisan mulut atau moncong sapi yang direbus dan dicampurkan ke dalam hidangan. JIka datang ke Surabaya, rujak cingur adalah menu kuliner yang harus dicoba.

11. Nasi Pecel
Pecel terkenal dari daerah Jawa Timur seperti Madiun dan Ponorogo. Menu khas yaitu sayur pecel (sawi, kacang panjang, tauge) yang disiram dengan kuah sambal kacang. Biasanya ditambah pelengkap telur goreng dan gorengan semakin nikmat menikmati nasi pecel.

12. Opor Ayam
Opor ayam adalah makanan yang sudah tidak asing lagi oleh masyarakat Indonesia, menu masakan paling favorit hidangan keluaraga, terlebih menjadi hidangan khas di saat lebaran. Opor ayam dengan bumbu kuning-merah yang sangat lezat yang biasanya disajikan dengan ketupat.

Itulah 12 makanan khas Indonesia yang terkenal, masih ada puluhan jenis makanan yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia yang mungkin belum dicantumkan. Banggalah dengan makanan khas Indonesia yang bumbu nya kaya dengan rempah-rempah yang rasanya lebih nikmat dibandingkan dengan masakan luar negeri.