Informasi untuk Kuliah Jurusan Psikologi

Kuliah jurusan psikologi adalah salah satu jurusan favorit untuk ketegori ilmu sosial atau siswa IPS, namun tidak sedikit anak IPA yang melanjutkan kuliah di Psikologi.

kuliah jurusan psikologi

Prospek dan peluang kerja jurusan psikologi cukup menjanjikan dan termasuk banyak terutama di perusahaan-perusahaan besar yang pasti membutuhkan HRD ( Human Resource Departemen). Selain itu juga bisa bekerja sebagai konseling di ekolah atau isnatansi tertentu. Pekerjaan di Pemerintahan yang populer adalah BNN (Badan Narkotika Nasional)

Biaya kuliah di psikologi di Universitas unggulan tergolong mahal hampir sama dengan farmasi. Jaman dahulu termasuk dibawah fakultas kedokteran, tetapi sekarang sudah masuk ke ilmu sosial.


Siapa yang cocok masuk jurusan psikologi?

Jika kamu suka menganalisis dan mengamati orang lain dan suka menebak-nebak berdasarkan data kepribadiannya
Jika kamu suka bersosial dan berinteraksi dengan banyak orang untuk menjalin pertemanan
Jika kamu sering bisa mendengarkan curhatan orang lain


Definisi Psikologi

Psikologi merupakan suatu displin ilmu mengenai penelitian ilmiah tentang perilaku mental. Bukan hanya menjelaskan apa yang kita lakukan dan bagaimana kita berperilaku, namun juga meneliti alur pemikiran dan alasan di balik tindakan kita. Mulai dari pemikiran persepsi, pengakuan kognitif, dan hubungan interpersonal, teori dan informasi psikologi seringkali digunakan untuk menyelesaikan masalah dalam serangkaian aktivitas manusia yang luas.

Kata psikologi dapat diartikan sebagai ilmu tentang jiwa, diambil dari bahasa Latin “psychologia”, pertama kali digunakan di akhir abad 15 sampai dengan awal abad 16 oleh Marlo Marulic. Saat ini, terdapat beragam teori yang dieksplorasi di jurusan psikologi, mulai dari fungsionalisme, psikoanalisa, dan kognitivisme, semuanya itu menjadi topik pada program sarjana dan pascasarjana.

Mata kuliah di jurusan psikologi yang biasa diberikan antara lain :

1. Psikologi kepribadian – mempelajari sejarah dan filosofi dasar pengelompokan kepribadian-kepribadian, jenis-jenis kepribadian, dll.

2. Psikologi umum – mempelajari seluruh aspek ilmu psikologi, jadi lebih ke perkenalan apa saja yang dipelajari dalam psikologi.

3. Psikologi klinis – mempelajari tentang masalah-masalah kejiwaan, jenis-jenis penyakit kejiwaan, sampai ke bagaimana penanganannya.

4. Psikologi perkembangan – mempelajari ilmu perkembangan manusia mulai dari lahir sampai tua.
Mata kuliah lanjutan jurusan psikologi adalah mata kuliah psikodiagnostik yaitu ilmu tes psikologi untuk mengetahui seseorang dari intelegensinya, kepribadian, tipe, daya tahan terhadap tekanan yang sering diaplikasikan pada syarat psikotes masuk kerja.