Inilah Gunung di Jawa Favorit para Pendaki

Bagi para pecinta kegiatan muncak ada beberapa gunung di Jawa favorit para pendaki. Kegiatan pendakian gunung (mountaineering) adalah salah satu kegiatan adventure yang banyak digemari banyak orang di dunia, termasuk di Indonesia. Indonesia sebagai negara kepulauan yang terkenal paling banyak memiliki gunung yang indah adalah pulau Jawa, sehingga banyak menjadi tujuan para pendakinya.  Mungkin bagi anda yang suka kegiatan muncak, wajib tahu untuk mendaki gunung – gunung terkenal ini dan ingin menapakkan kaki di puncak untuk melihat salah satu kebesaran ciptaan Tuhan.

puncak merbabu

Alasan gunung-gunung ini terkenal dan favorit didaki antara lain karena; mempunyai pemandangan puncak yang indah, jalur pendakian yang mudah dan aman, akses dan basecamp memadai, dan cocok baik untuk pemula maupun pendaki profesional.

5 Gunung di Jawa yang paling sering didaki

1. Gunung Lawu
Gunung Lawu tinggi 3.265 mdpl tepatnya di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Status gunung ini adalah gunung api “istirahat” dan telah lama tidak aktif. Lereng Lawu mempunyai banyak tempat wisata terkenal seperti Tawangmangu, sarangan,dan wilayah bascamp penadakian itu sendiri.

Pendakian standar dapat dimulai dari dua tempat (basecamp): Cemorokandang di Tawangmangu, Jawa Tengah. Jalur Cemorokandang terkenal lebih mudah dengan jalur pendakikian berkelok-kelok sehingga trak pendakian tidak terlalu curam. Jalur satunya lagi adalah Cemorosewu, di Sarangan, Jawa Timur. Jalur Cemorosewu sedikit lebih curam namun jalurnya sudah dibuat jalan batu setapak yang memudahkan para pendaki dan mencegah pendaki kesasar. Gerbang masuk basecampe keduanya terpisah hanya 200 m.

2. Gunung Gede Pangrango
Gunung Gede Memiliki Tinggi 2.958 mdpl di Propinsi Jawa Barat berada di wilayah tiga kabupaten yaitu Kabupaten Bogor, Cianjur dan Sukabumi. Hutan pegunungan di kawasan ini merupakan salah satu yang paling kaya jenis flora di Indonesia. Gunung Gede Pangrango menjadi gunung favorit para pendaki di wilayah Jakarata dan Jawa Barat, yang tidak ingin pergi mendaki jauh-jauh.

3. Gunung Merbabu
Berada pada ketinggian 3.145 mdpl, di Jawa tengah Magelang Salatiga dan Boyolali. Merbabu sangat populer untuk pendakian, puncaknya sangat indah dan ada kawasan sabana (jalur Selo) yang menarik untuk di abadikan gambar-gambarnya. Puncak Merbabu (Kenteng Songo) bisa dibilang menjadi salah satu puncak terindah diantara gunung lain di Jawa. Ketika dipuncak yang anda akan berada di atas permukaan awan-awan yang indah.

Jalur pendakian di daerah Salatiga ada 3, Cunthel, Thekelan dan Wekas sengankan di Boyolali ada jalur Selo.

4. Gunung Arjuno
Puncak Mahameru 3.339 mdpl terletak di kota Malang Jawa Timur. Salah satu Gunung favorit para pendaki, dengan ketinggian yang cukup tinggi. Gunung Arjuno dapat didaki dan berbagai arah, arah Utara (Tretes) melalui Gunung Welirang,dan arah Timur (Lawang) dan dari arah Barat (Batu-Selecta), dan arah selatan (Karangploso), juga dari Sumberawan, Singosari.

5. Gunung Semeru
Gunung di Jawa yang tertinggi dengan ketinggian 3.744,8 mdpl menjadi gunung terfavorit para pendaki di seluruh Indonesia. Mahameru Salah satu puncak yang tertinggi dengan pemandangan alam yang menawan juga ada Danau Ranu Kumbolo yang indah menjadi. Letaknya Di kawasan Tengger-Bromo-Semeru adalah kawasan wisata selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal dan asing.

Gunung Seemeru adalah gunung api yang masih aktif. Di puncak Gunung Semeru (Puncak Mahameru) pendaki disarankan untuk tidak menuju kawah Jonggring Saloko, juga dilarang mendaki dari sisi sebelah selatan, karena adanya gas beracun dan aliran lahar. Dibutuhkan waktu perjalanan 2-4 hari untuk bisa sampai ke puncak.

Bagi para pendaki yang sudah terbiasa muncak tentu sudah tahu apa saja persiapannya, tetapi bagi yang belum pernah sebaiknya anda tahu persiapan fisik sebelum mendaki gunung supaya tidak ada halangan fisik saat di perjalanan, karena akan berakibat fatal dan menggagalkan rencana pendakian anda. mancinginfo.com

– Tips persiapan mendaki gunung untuk pemula

5 Gunung untuk pendaki pemula yang wajib dicoba