5 Tempat Wisata Kuliner Kalimantan Selatan

5 Tempat wisata kuliner Kalimantan Selatan – Kalimantan Selatan merupakan sebuah provinsi yang terletak di tenggara pulau Kalimantan dengan populasi suku banjar yang banyak mendiaminya. Maka tidak mengherankan bahwa kuliner suku banjar seperti soto banjar begitu terkenal tidak hanya di Kalimantan Selatan saja tetapi juga seluruh pelosok Kalimantan. Makanan kalimantan selatan memang memilki keunikan sendiri baik dari segi tampilan maupu cita rasa. Untuk lebih jelasnya, yuk kita ulas 5 tempat wisata kuliner Kalimantan Selatan yang bisa Anda jadikan referensi ketika berkunjung di Kalsel.

Inilah 5 Tempat Wisata Kuliner Kalimantan Selatan

Tempat Wisata Kuliner Kalimantan Selatan

Tempat Wisata Kuliner Kalimantan Selatan

  1. Depot Soto Banjar Bang Amat

Apabila Anda berkunjung ke kota Banjarmasin, jangan lupa untuk menyempatkan diri untuk mampir ke depot soto banjar bang Amat. Depot ini berada di pinggir sungai Martapura yang tentunya akan membuat hari Anda menjadi lebih indah sambil menikmati keindahan sungai Martapura. Soto banjar nan kaya rempah di depot tersebut dilengkapi dengan potongan kupat, bihun, irisan wortel, suwiran ayam dan yang paling nikmat adalah perkedel kentang sebagai pendampingnya. Harga yang ditawarkanpun juga murah yakni Rp.19.000.

  1. Warung Nasi Kuning Andalas

Nasi kuning juga merupakan salah satu menu favorit yang ada di Banjarmasin. Apabila Anda ingin mencoba nasi kuning, Anda bisa mengunjungi warung nasi Andalas yang terletak di jalan Perintis Kemerdekaan. Warung ini begitu diminati oleh warga Banjarmasin karena menyajikan berbagai lauk pauk yang lengkap seperti ikan gabus, ayam, dan telur yang dimasak semur.Nasi kuning tersebut disajikan dalam bentu ksetengah bulat dan ditaburi bawang goreng. Berbeda dengan nasi kuning di Jawa yang pules, nasi kuning di sini agak ambyar dengan harga Rp.5.000 per porsi, ikan gabus Rp.18.000, ayam Rp.16.000, dan telur Rp.10.000.

  1. Warung Pondok Bahari

Salah satu tempat kuliner yang wajib Anda kunjungi dari 5 spot wisata boga di Kalimantan Selatan adalah warung pondok Bahari.Warung ini sangat terkenal dengan ketupat kandangan yang merupakan makanan khas Banjar. Ketupat ini berbeda dengan ketupat yang biasanya karena di dalamnya terdapat tekstur ketupat yang masih kasar dengan butiran nasi yang masih utuh. Makanan ini wajib ditemani dengan ikan Haruan yang digoreng dan ditambah dengan sambal terasi.Untuk harga ketupat kandangan plus ikan haruan adalah Rp.19.000.

  1. Rumah Makan Lontong Orari

Jika Anda menggemari lontong, Anda bisa mengunjungi rumah makan lontong Orari yang terletak di Jl. Sungai Mesa, Banjarmasin. Makanan khas ini dipadukan dengan kuah santan dengan lauk berupa ikan gabus, ayam, dan telur yang dimasak dengan cara masak habang. Habang berarti merah. Di samping itu, lontong tersebut didampingi dengan sayur nangka sebagai pelengkap. Satu porsi lontong orari dibanderol dengan harga Rp.30.000.

  1. Soto Babat Mak Enggot

Apabila Anda ingin mencoba variasi soto, Anda bisa mencoba soto babat Mak Enggot. Warung ini terletak di daerah Kampung Melayu. Soto tersebut terdapat beberapa suwiran daging ayam yang menggoda lidah dan tentunya babat. Untuk harga soto babat Mak Enggot sangatlah murah yakni hanya Rp.15.000 saja.Warung soto ini juga salah satu favorit warga di Banjarmasin.

Baca Juga : Tempat wisata kuliner Batam

Demikian ulasan singkat mengenai 5 tempat wisata kuliner Kalimantan Selatan yang bisa Anda coba ketika berkunjung ke daerah tersebut. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi Anda.