5 Tempat Wisata di Klaten yang Mantab Dikunjungi

Bagi anda yang bisa dicoba berkunjung ke tempat-tempat wisata di Klaten yang merupakan Kabupaten yang menghubungkan antara Jogja dan Solo. Klaten memang lebih jarang dilirik wisatawan luar daerah jika dibanding dengan kedua kota besar yang mengapitnya. Tapi siapa sangka candi Prambanan yang terkenal itu adalah bagian dari kota Klaten, yang pada umumnya orang awam menganggap sebagai wisata Jogja. Nah justru itulah terutama bagi yang suka wisata alam  ada tempat-temapat pemandian dan kolam renang di umbul  yang alami, cocok banget nih dicoba. Oh iya harga tiket tempat-tempat wisata di Klaten ini masih relatif murah-murah loh karena memang kebanyakan wisatawan lokal yang datang. Recommended deh buat mahasiswa Jogja yang pengen cari tempat wisata baru.

1. Umbul Ponggok Klaten tempatnya snorkeling air tawar

Umbul Ponggok Klaten Snorkeling air tawar juga cukup menarik dicoba. Umbul Ponggok ini memiliki keunikan, karena begitu masuk area permandian yang kita temui hanya sebuah kolam besar dengan ukuran panjang lebih dari 70 m dan lebar sekitar 40 m dengan kedalaman anatara 1 meter hingga 4 meter. Tetapi keunikan dari umbul ini ada didalam dasar air. Setelah kita menceburkan diri ke air dan menyelam di umbul keunikan nyata akan kita temui. Airnya yang bening dasar umbul berupa tanah pasir berbagai ikan berenang diantara kita sehingga menarik layaknya snorkeling di laut.
Alamat Umbul Ponggok terletak di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten Jawa Tengah

2. Wisata Cokro Tulung Klaten

Cokro Tulung Klaten Pemandian Cokro Tulung merupakan sebuah pemandian yang terdapat di Desa Cokro Kecamatan Tulung Kabupaten Klaten. Di pemandian ini terdapat kolam dengan sumber airnya berasal dari air tanah yang masih asli. Hal ini menciptakan kesegaran tersendiri apabila mandi di pemandian ini. Cokro Tulung sudah sangat terkenal dan ramai dikunjungi apalagi weekend dan liburan. Suasananya alami dengan sungai air mengalir yang jernih untuk berenang dengan dinaungi pepohonan besar yang rindang, dan juga ada pemandangan sungai besar dengan bebatuan yang alami. Penunjung bisa menyewa ban untuk mengapung di aliran pemandian Cokro Tulung. Di sana banyak penjual makanan hangat seperti jagung bakar, sate kelinci, dan siomay yang sangat enak disantab sehabis berenang.

3. Warung Apung Rowo Jombor / Jimbung
Sepertinya tidak banyak di Indonesia yang membuat Warung yang terapung di atas air. Hal ini ada di Kabupaten Klaten tepatnya di Rowo Jombor. Disini berjejer puluhan Warung apung yang menyediakan berbagai macam masakan berbahan baku ikan air tawar, dari mulai lele, nila, gurameh dll.Untuk menikmati warung apung ini gratis, namun tentu saja anda harus membeli makanan yang ada di warung ini. Berdasarkan pengalaman masakan yang ada enak-enak dan harganya relatif murah terjangkau. Bahkan sebagian ada yang didampingi dengan hiburan berupa orkes dangdut pada hari tertentu.
Alamat lokasi Warung Apung Rowo Jombor / Jimbung ini berada di Desa Jombor Krakitan Bayat Klaten atau sekitar 6 km ke arah selatan dari kota Klaten.

4. Desa Wisata dan Pemancingan Janti
Desa Janti Klaten ini khas menawarkan kolam pemancingan serta tempat makan yang berbau ikan. Di Klaten wilayah tersebut merupakan salah satu pusat peternakan ikan sehingga hampir di setiap rumah di desa Janti memiliki kolam. Tempat wisata di Klaten yang berupa Desa Wisata Janti dapat anda jadikan sebagai tujuan wisata kuliner. Rumah makan yang terdapat di sana menyediakan pemancingan yang hasil tangkapannya bisa anda olah untuk dimakan. Hal tersebut tentunya merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan, apalagi jika menghabiskan waktu liburan anda bersama keluarga tercinta dengan menyantap menu ikan bakar atau ikan goreng yang ditangkap dari hasil pancingan sendiri.

5. Museum Gula
Di Museum Gula cocok sebagai pilihan wisata pendidikan di Klaten yang disana banyak disimpan berbagai macam benda bersejarah yang ada hubungannya dengan industri gula dan perkembangannya. Diantara barang kuno kolesi dari Museum Gula Jawa Tengah adalah peralatan mesin giling yang tidak terpakai, lokomotif pengangkut tebu zaman dulu, maket pabrik gula, macam-macam jenis tebu dll. Selain museum, di kompleks Pabrik Gula Gondang Baru juga terdapat agrowisata yang menawarkan wisata keluarga yang menarik serta rest area dan kopi Banaran Cafe. Bagi anda yang sedang melintas di ruas jalan Yogya Solo dapat mampir disini sekedar melepas penat dan menikmati secangkir kopi atau teh.
Alamat lokasi Museum Gula Jawa Tengah terletak di Jalan Raya Jogja – Solo Km. 25, Klaten – Jawa Tengah.

Selain 5 tempat yang disebutkan diatas masih banyak loh tempat wisata di Klaten lainnya, yang terkenal seperti Candi Prambanan, Candi Palosan, ziarah makam dll. Tempat wisata yang kami sebutkan diatas rekomendasi untuk yang suka dengan suasana alam untuk refresing di akhir pekan atau liburan.