5 Pesona Gunung untuk Pendaki Pemula yang Wajib Dicoba

Bagi kamu yang ingin menikmati suasana muncak gunung namun belum yakin untuk mendaki di gunung tinggi, beberapa gunung untuk pendaki pemula ini bisa menjadi Pilihan. Ciri-ciri gunung untuk pemula ini biasanya mempunyai ketinggian dibawah 3000 MDPL dengan rute traking yang tidak terlalu sulit. Waktu perjalanan pun relatif cepat yang biasanya berkisar 2-4 jam perjalanan. Gunung-gunung ini justru kadang-kadang pendakinya lebih rame karena lebih mudah, biasanya disukai kalangan wanita atau cewek karena tidak terlalu beresiko. Meskipun begitu tetap menawarkan suasana puncak, pemandangan awan di permukaan, dan sunrise atau sunset yang indah. Ada beberapa gunung yang bisa kamu pilih antara lain di Jawa Tengah, Jawa Barat maupun Jawa Timur berikut ini.

1. Gunung Andong, Jawa Tengah: 1.762 mdpl
Alamat Lokasi Gunung Andong ada di Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang – Jawa Tengah

gunung andong

image by Dhanang Dhave Kompasiana

Gunung Andong yang cocok buat refresing di alam . Gunung tingginya hanya 1.726 mdpl, tapi menawarkan pemandangan menawan di puncaknya. Jalur perjalanan cukup mudah dan jelas dengan ada beberapa petunjuk. Di sini memang lebih cocok disebut untuk hiking seorang diri atau bersama-sama teman menikmati suasana alam. Dari bawah sampai ke puncak, cuma butuh waktu sekitar 1,5 jam berjalan kaki.

2. Gunung Papandayan, Jawa Barat : 2.265 mdpl
Alamat lokasi Gunung Papandayan di Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat

gunung Papandayan Gunung Pangandayan merupakan salah satu wisata pendakian yang favorit dikunjungi, pilihan gunung untuk pendaki pemula di Jawa Barat. Dalam perjalanan menuju puncak, ak an disuguhkan pemandangan beberapa kawah belerang seperti Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk. Ada juga pemandangan indah padang Edelweis luas yang bernama Tegal Alun, sebelum kamu akhirnya mencapai puncak dan menemukan kawah Papandayan. Selain itu Kamu juga akan menemukan pemandangan keren sekaligus mistis di hutan mati.

Meskipun tidak terlalu tinggi, jangan meremehkan rutenya karena ditempuh hampir 4 jam perjalanan.

3. Gunung Ijen, Jawa Timur: 2.443 mdpl
Alamat lokasi Gunung Ijen tepatnya di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

Gunung Kawah Ijen
Gunung ini yang cocok untuk didaki sekaligus wisata alam oleh pemula. Di Gunung Ijen bisa menikmati indahnya pesona kawah Ijen di ketinggian 2.443 mdpl. Kamu juga bisa melihat aktivitas penambang belerang. Di malam hari, kamu juga bisa menikmati indahnya fenomena api biru kawah Ijen. Jangan lupa siapkan kamera untuk memotret keindahan Kawah Ijen. Ada baiknya pendaki tidak memakai sendal jepit selama berjalan di Kawah Ijen.

Dari pos pendakian Paltuding, kamu cuma butuh sekitar 2,5 jam untuk sampai ke puncaknya. Tapi hati-hati, karena medannya berpasir dan lumayan curam pada beberapa titik di jalur pendakian.

4. Gunung Prau Jawa Tengah : 2.565 mdlp
Alamat lokasi Gunung Prau di Dataran Tinggi Dieng tepat di perbatasan Kabupaten Kendal dengan Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

gunung prau Salah satu gunung untuk pendaki pemula yang recommended untuk dicoba karena mempunyai pemandangan yang indah. Cukup mudah didaki untuk wanita yang belum pernah muncak sekalipun. Terkenal dengan suguhan keindahan sunrise dan sunset, Gunung Prau adalah salah satu gunung dengan puncak terluas di Indonesia. Menjadi tempat favorit pecinta alam untuk kemping sambil menanti mentari terbit. Dari puncaknya, kamu bisa melihat puncak Sindoro-Sumbing serta Merapi dan Merbabu dari kejauhan.

Jalur pendakian yang bisa dilewati dari base camp Desa Patak Banteng, Dieng. Cukup dengan menempuh medan yang agak curam selama kurang lebih 3 jam, kamu sudah bisa menginjakkan kaki di puncak.

5. Gunung Gede, Jawa Barat: 2.958 mdpl
Alamat Gunung Gede di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Kabupaten Bogor, Cianjur dan Sukabumi, di Jawa Barat

gunung-gedeGunung Gede sebenarnya sudah termasuk gunung tinggi untuk pendaki berat yang harus membawa perbekalan lengkap. Tapi masih bisa dicoba untuk pendaki pemula yang ingan tantangan lebih.Disini kamu bisa menemukan berbagai lokasi menarik seperti air terjun Cibeureum, sumber air panas, telaga, maupun padang edelweis.

Untuk sampai ke puncak Gunung Gede yang tingginya 2.958 mdpl, kamu yang masih pemula disarankan mengambil jalur Cibodas yang treknya cukup landai dengan waktu tempuh sekitar 6 jam. Jangan lupa bawa peralatan yang diperlukan ya, karena perlengkapanmu akan dicek petugas sebelum kamu mulai mendaki.

Cacatan: Meskipun hanya terkenal sebagai gunung untuk pendaki pemula, tapi tetap memberikan pemandangan suasana puncak yang indah. Jangan meremehkan keadaan alam, tetaplah menjadi pendaki alam yang baik dan santun tanpa mengotori keindahan alam ini.

Baca juga
Tips persiapan mendaki gunung
5 Gunung favorit para pendaki