5 Jenis Makanan Penambah Darah Terbaik

Mancinginfo – Anda bisa mendapatkan jenis makanan penambah darah yang cukup mudah ditemukan dan dikonsumsi untuk mencegah atau mengobati kekurangan darah atau biasa disebut anemia. Kekurangan darah bisa ditandai mudah letih yang biasa terjadi pada ibu hamil, apalagi di masa-masa yang mengalami mual dan susah makan. Buah dan sayur bisa menjadi sumber makanan penambah darah, menjadi pilihan bagus. Dengan mengkonsumsi dari jenis-jenis makanan alami ini sangat membantu menambah sel darah merah dan kebutuhan zat besi sebagai pembentuk sel darah merah. Makanan dengan kandungan zat besi adalah pilihan terbaik sebagai makanan penambah darah atau mencegah anemia, antara lain adalah
bayam penambah darah

1. Bayam
Bayam sangat terkenal sebagai sayur dengan kandungan zat besi yang paling bagus sehingga bisa menjadi pilihan menu sayur atau menjadi obat ramuan herbal daun bayam.

2. Kubis
Kubis juga sayur yang mengandung zat besi yang bisa anda konsumsi sebagai sayuran baik dan bebas lemak. Makanan ini bisa anda sajikan dalam bentuk mentah sebagai lalapan atau juga bisa membuatnya sebagai sayur.

3. Buah strawberry, apel dan pepaya
3 buah tersebut hampir sama mengandung zat besi yang sangat baik, walaupun mengkonsumsi buah yang satu ini tidak akan dengan cepat menambah darah, akan tetapi buah dan sayur dapat dijadikan sebagai makanan tambahan untuk membantu anda mendapatkan vitamin dan juga antioksidan.

4. Telur
Makanan yang satu ini memang sudah terkenal sejak dulu memiliki banyak nutrisi penting yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita, telur mengandung tinggi protein, kalsium, vitamin dan juga zat besi. Kalau bisa pilihlah telur kampung karena kandungan gizinya lebih bagus.

5. Daging bebek
Daging bebek juga merupakan makanan penambah darah yang sudah sangat terkenal, bagi anda penderita anemia dan membutuhkan tambahaan darah cobalah makan daging bebek secara teratur, misalkan seminggu sekali atau dua kali.

Tingkatan kekurangan darah/anemia

Ringan; Cirinya mudah lelah, mual dan malas makan yang biasa terjadi pada ibu hamil atau juga banyak terjadi pada orang normal.

Berat; Cirinya rambut sering rontok, sering sesak nafas dan mudah sakit kepala yang tak tertahankan.

Jika sudah menunjukkan banyak gejala sebaiknya harus dilakukan medical cek dan perawatan khusus pengobatan dokter sehingga tidak bertambah parah. Biasanya obat dokter lebih cepat menyembuhkan, namun tetap rajin mengkonsumsi makanan seperti sayur dan buah yang alami tentunya lebih baik lagi.

Tips Menghindari Kurang Darah

Rajinlah mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung erat alami, dan zat besi untuk menaikkan sel-sel darah. Kentang mengandung karhodidrat, Vitamin C, dan zat besi. Selain itu, konsumsi roti, telur dan daging juga yang cukup akan memberikan tambahan konsumsi karbohidrat yang kaya dengan nutrisi. Hal ini akan mengurangi risiko anemia dan kekurangan darah. Sayur bayam, kubis dan pepaya adalah buah dan sayur yang murah dapat menjaga sel darah merah dan juga sebagai makanan penambah darah yang bagus untuk rutin dikonsumsi

Minum air putih. Air putih sangat diperlukan bagi tubuh. Usahakan minum 8 (delapan) gelas per hari agar kandungan elektrolit kita tetap terjaga.